Hasil AS Monaco vs PSG di Liga Perancis: Tim Tamu Kelewat Tangguh

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 12 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan Liga Perancis antara AS Monaco vs PSG berakhir dengan skor 0-4.
tirto.id - Pertandingan AS Monaco vs PSG dalam lanjutan Liga Perancis di Stadion Louis II, Senin (12/11/2018) dini hari waktu Indonesia berakhir dengan skor 0-4. Striker PSG, Edinson Cavani tampil cemerlang dengan sumbangan hattrick pada laga ini, semenara satu gol lain tim tamu dicetak Neymar.

Dengan hasil ini, Paris Saint-Germain kian tak terbendung. Kylian Mbappe dan kawan-kawan telah mampu menyapu bersih 13 pertandingan pembuka Liga Perancis dengan kemenangan. Kini mereka mantap bertengger di puncak klasemen dengan 39 poin, unggul 13 angka atas Lille yang membuntuti sebagai runner-up.

Sementara bagi AS Monaco, hasil ini membuat beban pelatih Thiery Henry kian berat. Radamel Falcao dan kawan-kawan masih terbenam di peringkat 19 dari total 20 kontestan dengan torehan tujuh poin, hasil sekali menang, empat kali imbang, dan delapan kekalahan.

Jalannya Pertandingan

Paris Saint-Germain tampil dengan komposisi terbaik. Tak tanggung-tanggung, trisula Mbappe-Neymar-Cavani langsung tampil bersama sejak menit pertama. Nama-nama seperti Julian Draxler, Adrien Rabiot, hingga Thiago Silva pun tetap jadi andalan.

Sementara itu AS Monaco yang masih terbelenggu di papan bawah mengandalkan formasi 4-2-3-1. Radamel Falcao jadi juru gedor yang ditopang Chadli, Diap, dan Grandsir. Tak ketinggalan, Djibril Sidibe hingga Jemerson jadi andalan lini belakang untuk membantu peran kiper Diego Benaglio.

Dominasi PSG memang sudah kentara sejak awal laga. Baru empat menit pertandingan berlangsung, mereka langsung unggul lewat aksi Edinson Cavani. Proses terjadinya gol terbilang mudah bagi bomber asa Uruguay itu. Ia seolah tinggal mendorong sumpan menyusur tanah akurat yang dikirim Neymar. Sepakannya sudah cukup untuk memperdaya Benaglio dan menjadikan skor 0-1.

Monaco bukannya tak memberi perlawanan. Pada menit sembilan, umpan terobosan Diop hampir bisa dituntaskan Radamel Falcao menjadi gol. Sayang, pemain asal Kolombia itu kelewat lamban bereaksi, sehingga upaya tendangannya bisa digagalkan Presnel Kimpembe.

Usaha Monaco menyamakan skor seolah tak berarti ketika Edinson Cavani kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit 11. Kali ini ia menuntaskan bola hasil umpan Moussa Diaby yang lagi-lagi bersumber dari Neymar. Gol ini sempat memicu perdebatan karena Cavani dituding offside sebelum mencetak gol. Namun setelah dikonfirmasi dengan teknologi VAR, wasit memutuskan untuk tetap mengesahkan gol ini. Skor 0-2.

Jual beli serangan tetap terjadi di sisa babak pertama, khususnya oleh kubu PSG. Namun skor tetap saja 2-0 hingga laga memasuki istirahat paruh waktu.

Barulah pada babak kedua PSG memperpanjang dominasinya. Puncaknya, pada menit 53 Edinson Cavani sukses melengkapi torehannya jadi hattrick. Umpan Adrien Rabiot dibelokkan Diaby dengan baik, untuk kemudian disambar sang striker dengan tendangan keras yang menjadikan skor 0-3.

Petaka tuan rumah tak berhenti di situ. Pelanggaran Djibril Sidibe terhadap Kylian Mbappe di kotak terlarang membuat wasit tidak ragu memberikan hadiah tendangan penalti untuk PSG. Neymar yang tampil sebagai eksekutor pada menit 64 menjalankan tugas dengan baik. Bola hasil tendangannya mengarah ke sisi kanan bawah gawang dan memperdaya Benaglio yang menjatuhkan badan ke arah sebaliknya. Skor lagi-lagi berubah, jadi 0-4.

Kylian Mbappe hampir melengkapi pesta gol tim tamu pada menit 78, saat aksinya menerima umpan terobosan diakhiri dengan sepakan yang mengecoh Benaglio. Sayang, wasit tidak mengesahkan gol ini lantaran menilai Mbappe lebih dulu terperangkap offside.

Hingga laga usai tiada gol lain. Skor akhir 0-4 untuk kemenangan tim tamu.

Susunan Pemain

AS Monaco: Diego Benaglio; Djibril Sidibe, Benoit Badiashile, Jemerson, Benjamin Henrichs; Pele, Youssef Ait Bennasser; Samuel Grandsir, Sofiane Diop, Nacer Chadli; Radamel Falcao (c).

Cadangan: Loic Badiashile, Jonathan Panzo, Ronael Pierre Gabriel, Jordi Mboula, Wilson Isidior, Han-Noah Massengo, Kephran Thuram-Ulien.

Paris Saint-Germain: Alphonse Areola; Thilo Kehrer, Thiago Silva (c), Presnel Kimpembe; Christopher Nkunku, Julian Draxler, Adrien Rabiot, Moussa Diaby; Kylian Mbappe, Edinson Cavani, Neymar.

Cadangan: Gianluigi Buffon, Lass Diarra, Eric Maxim Choupo-Moting, Angel Di Maria, Marco Verratti, Thomas Meunier, Stanley N'Soki.

Baca juga artikel terkait LIGA PERANCIS atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight