Hasil Argentina vs Kroasia di Piala Dunia 2018 Skor Akhir 0-3

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 22 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kroasia mengalahkan Argentina dengan skor telak 0-3.
tirto.id - Pertandingan Argentina vs Kroasia dalam lanjutan Grup D Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Jumat (22/6/2018) dini hari berakhir dengan skor 0-3. Gol kemenangan Kroasia dicetak Ante Rebic, Luka Modric, dan Ivan Rakitic.

Kroasia lebih dulu menebar ancaman, tepatnya saat laga memasuki menit keempat. Dari sektor kiri penyerangan, Ivan Perisic melepaskan sepakan kaki kiri. Bola mengarah ke tiang jauh, tetapi dapat ditepis Willy Caballero.

Argentina merespons di menit ke-13. Maximiliano Meza menusuk dari sektor kanan dan melepaskan umpan cutback yang disambar Eduardo Salvio dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Bola hanya membentur pemain lawan dan menghasilkan sepak pojok.

Tim Tango membuang peluang emas pada menit ke-29. Berawal dari kemelut di depan gawang, kiper Danijel Subasic berada di luar posisinya, sementara bola jatuh ke kaki Enzo Perez. Sayangnya, meski tinggal menceploskan bola ke gawang kosong, Perez gagal mencatatkan namanya pada papan skor. Bola sepakannya menyamping saja di kiri gawang.

Kroasia merespons peluang tersebut dengan serangan balasan. Pada menit ke-32, Sime Vrsaljko mengirim umpan lambung ke kotak penalti. Mario Mandzukic yang lepas dari perangkap offside dan tinggal berhadapan dengan Caballero menyundul bola, namun hasilnya hanya jatuh di samping kiri gawang.

Hingga babak pertama selesai, jual beli serangan terus terjadi, tetapi tidak menghasilkan satu pun gol. Skor tetap 0-0 sampai wasit meniup peluit tanda turun minum.

Argentina memulai serangan di babak kedua lewat peluang Aguero. Memaksimalkan umpan Tagliafico, pemain asal Manchester City itu melepaskan tendangan dari sudut sempit, tetapi arahnya hanya tepat ke pelukan Subasic

Delapan menit paruh kedua berlangsung, kebuntuan akhirnya pecah. Bukan Argentina, melainkan Kroasia yang unggul. Blunder kiper Willy Caballero berakhir pahit bagi Tim Tango. Berniat mengirimkan umpan chip, sepakan kiper asal Chelsea itu kelewat tanggung. Ante Rebic yang berdiri bebas dan berdekaran dengan bola lantas menyambar si kulit bundar dengan sepakan voli yang menggetarkan gawang Argentina. Skor 0-1.

Argentina berupaya membalas. Di menit ke-63, umpan cutback Gonzalo Higuain dituntaskan Lione Messi dengan sepakan keras dari depan gawang. Gol urung tercipta karena bola hasil sepakan Messi dapat diblok Subasic dengan baik.

Delapan menit kemudian, giliran pemain pengganti Paulo Dybala yang mengancam. Dari sektor kanan, punggawa Juventus itu mengontrol bola dan melepaskan tendangan ke tiang jauh. Bola melambung kelewat tinggi dari sasaran.

Alih-alih mengejar, Argentina justru kebobolan lagi pada menit ke-80. Luka Modric melakukan kontrol dan melepaskan tendangan keras dari depan kotak penalti. Bola meluncur deras ke sudut kanan bawah gawang dan tak dapat dijangkau Caballero. Skor menjadi 0-2.

Empat menit jelang laga usai Kroasia bahkan hampir menambah pundi-pundi golnya. Dari eksekusi tendangan bebas, Ivan Rakitic membidikkan bola ke sudut kiri atas, namun hasilnya sekadar menerpa mistar gawang.

Rakitic membayar kegagalannya pada injury time. Bola muntah hasil sepakannya diterima Mateo Kovacic, lantas dikembalikan kepada sang pemakai nomor punggung tujuh. Kiper Argentina, Willy Caballero sudah keluar dari posisinya. Tanpa kesulitan, Rakitic menceploskan bola ke gawang kosong dan menjadikan skor 0-3. Kedudukan ini pun bertahan hingga laga usai.

Statistik Pertandingan Argentina vs Kroasia


Susunan Pemain Argentina vs Kroasia




Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan