Hasil Akhir Arema FC vs Borneo FC Skor 2-2, Pesut Etam Jaga Rekor

Oleh: Hendi Abdurahman - 13 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Borneo FC memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam empat pertemuan melawan Arema FC ketika bermain di Kanjuruhan.
tirto.id - Hasil Arema FC vs Borneo FC dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan 18 yang dihelat di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (13/9) berkesudahan dengan skor akhir 2-2. Dua gol Singo Edan ditorehkan Ricky Kayame, sedangkan gol Pesut Etam diciptakan M. Amrullah dan Ambrizal Umanailo.

Dengan hasil ini, Borneo FC memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam empat pertemuan melawan Singo Edan ketika bermain di Kanjuruhan.

Berambisi untuk mendapatkan tiga poin sekaligus memutus hasil minor, skuad asuhan Milomir Seslija turun dengan mengandalkan Sylvano Comvalius di lini depan yang ditopang Makan Konate di lini tengah. Sementara Borneo FC memarkir Lerby Eliandry, pelatih Mario Gomez lebih memilih Matias Conti sebagai ujung tombak.

Tuan rumah nyaris unggul saat laga berusia 22 menit. Namun, kesempatan tersebut disiakan Comvalius. Tendangan penaltinya dimentahkan Nadeo Argawinata. Kiper timnas U-23 tersebut berhasil menebak arah bola.

Dukungan suporter membuat Arema FC tampil dominan. Usai kegagalan penalti Comvalius, peluang demi peluang diciptakan anak asuh Milomir Seslija. Di antaranya didapat Rachmat Latief yang melakukan overlap. Lagi, skor tetap 0-0 lantaran sundulannya masih berada tipis di atas mistar.

Terus menerus menyerang, Hamka Hamzah dan kawan-kawan seolah lupa pada pertahanan. Hasilnya, gol justru tercipta bagi tim tamu pada menit 34. Berawal dari serangan di sisi kanan, bola yang mengarah ke kotak penalti sukses dimaksimalkan dengan paripurna oleh M. Amrullah. Skor 0-1.

Tempo semakin meningkat dalam lima menit jelang berakhirnya paruh pertama. Arema FC menggebrak. Dua gol yang diciptakan Ricky Kayame pada menit 40 dan 42 membuat Singo Edan membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Namun, saat babak pertama sepertinya akan berkesudahan untuk keunggulan Singo Edan, Borneo FC membuat laga semakin seru lantaran Ambrizal Umanilo berhasil menyambar bola muntah di dalam kotak penalti Arema FC dan menggetarkan jala Sandi Firmansyah. Skor pun berubah 2-2.

Di babak kedua, pertandingan tetap dalam tempo yang relatif cepat. Kegigihan Comvalius kembali terlihat pada menit 52. Tandukkannya masih bisa ditepis Nadeo. Namun sebelum bola benar-benar dalam penguasaan kiper, asisten wasit mengangkat bendera pertanda offside.

Serangan berbalas serangan. Kali ini sepakan Renan Silva yang membuat Sandi Firmansyah melakukan reaksi cepat untuk menghalau bola. Gol urung tercipta.

Dengan strategi yang diusung masing-masing tim, kedua pelatih melakukan perubahan dengan cara pergantian pemain. Meski tidak signifikan, hadirnya para pemain baru membuat tempo cepat tidak berubah.

Di penghujung laga, Hamka Hamzah yang maju meninggalkan pertahanan nyaris mengubah kedudukan andai sontekannya tidak melebar tipis. Peluang tersebut menjadi yang terakhir di pertandingan ini karena tak lama kemudian wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga. Skor akhir 2-2.

Susunan Pemain

Arema FC: Sandi Firmansyah; Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Rachmat Latief (Hanif Sjahbandi), Nasir; Hendro Siswanto, Takafumi Akahoshi (M. Rafli), Makan Konate; Dendi Santoso (Sunarto), Ricky Kayame, Sylvano Comvalius.

Borneo FC: Nadeo Argawinata; Wildansyah (Makarius Suruan), Javlon Guseynov, Juan Alsina, Abdul Rachman; Nurdiansyah, Wahyudi Hamisi (Ichsan Kurniawan), Renan Silva, Ambrizal Umanailo (Terens Puhiri), M. Amrullah; Matias Conti.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Ibnu Azis
DarkLight