Hasil AFC Cup 2018: Persija Tempel Ketat SLNA di Klasemen Grup H

Oleh: Agung DH - 14 Maret 2018
Dibaca Normal 2 menit
Persija mengamankan tiga poin dalam laga tandang melawan SLNA di babak penyisihan Grup H Piala AFC 2018.
tirto.id - Laga Persija vs Song Lam Nghe An (SLNA) dalam fase penyisihan Grup H AFC Cup 2018 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (14/3/2018) malam berlangsung ketat. Setelah bermain 0-0 di babak pertama, Persija akhirnya bisa menciptakan satu gol di menit-menit akhir babak kedua. Skor akhir pun berubah menjadi 1-0.

Gol tunggal yang dipersembahkan Addison Alves ini membuat Persija kini meraih tujuh poin dari tiga laga, sama seperti SLNA. Namun Persija kalah dalam selisih gol dibandingkan SLNA. Posisi Persija ini belum aman karena pada laga lain di Grup H antara Johor Darul Ta'zim vs Tampines Rovers masih berlangsung dengan kedudukan 1-1 di babak pertama.

Laga Babak Pertama Persija vs SLNA

Persija yang berambisi menambah tiga poin di laga tandang, bermain agresif sejak kick off babak pertama. Sebaliknya, SLNA meladeni permainan Persija dengan melakukan pressing ketat.

Marko Simic bahkan sampai diganjal keras oleh Pham The Nhat saat berusaha menyisir dari sisi kanan. Wasit langsung mengganjar kapten SLNA itu dengan kartu kuning.

Kendati dijaga ketat, Simic sempat membuat peluang pada menit ke-25 saat mendapatkan umpan lambung dari sisi kanan. Ia berhasil memenangkan duel udara di kotak penalti tapi sundulannya masih menjulang ke tribun.

Simic kembali membuat peluang pada menit ke-30. Umpan lambung dari Riko di sisi kanan menuju ke kotak penalti. Simic langsung menyundul bola berebut dengan kiper SLNA, Le Quang Dai. Wasit menilai Simic melakukan pelanggaran saat duel udara dengan Le Quang.

Persija terus melakukan tekanan sampai babak pertama bubar. Sebaliknya, SLNA berusaha melakukan serangan balik. Kedua tim belum mampu menghasilkan gol. Laga Persija vs SLNA ini harus ditutup dengan skor sementara 0-0.

Laga Babak Kedua Persija vs SLNA

Pada menit ke-50 babak kedua, Ramdhani nyaris menciptakan gol pertamanya. Menerima umpan back heel dari Sandi Sute, Ramdhani membawa bola ke arah gawang. Tapi pergerakannya diganggu pemain SLNA hal ini membuat tendangan Ramdhani lemah sehingga mudah ditangkap kiper Le Quang Dai.

Pada menit ke-63, Addison mampu menjebol gawang SLNA. Namun wasit kembali melakukan anulir karena menganggap Addison dalam posisi offside. Anulir kedua dalam laga ini.

Persija kembali mengancam gawang SLNA. Setelah menerima umpan lambung dari Addison, Simic yang berdiri di dekat tiang jauh mencoba menyundul bola. Sayang, sundulannya masih menyamping di sisi luar gawang.

Rudi Widodo juga menebar ancaman ke SLNA. Setelah menerima umpan dari Riko, Rudi langsung melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Tapi bola sepakannya jatuh tepat ke pelukan kiper Le Quang Dai.

Upaya Persija menciptakan gol masih mengalami kebuntuan sampai menit ke-75. Melihat situasi ini pelatih Steffano Teco mengubah strategi untuk mendobrak pertahanan SLNA. Ia memasukkan Bambang Pamungkas dan Fitra Ridwan untuk menggantikan Rudi Widodo dan Ramdhani pada menit ke-77.

Perubahan strategi ini membuat serngan Persija makin tajam. Bambang Pamungkas menciptakan peluang pertamanya ketika mendapatkan umpan lambung di kotak penalti. Tapi sundulan terukurnya bisa ditepis kiper SLNA.

SLNA yang diserang terus menerus malah mampu menciptakan peluang berbahaya melalui skema serangan balik. Namun penyelesaian akhir mereka masih menyamping di sisi kiri gawang Andritany

Sampai 90 menit waktu normal, Persija yang bermain dominan belum berhasil menciptakan gol. Gol akhirnya tercipta pada menit 90+ melalui Addison. Usai menerima umpan dari Bambang Pamungkas, Addison yang berlari di sisi kanan langsung melepaskan sepakan keras ke sudut gawang tiang jauh. Bola gagal dihalau kiper SLNA. 1-0 Persija memimpin laga sekaligus mematahkan rekor SLNA yang tak pernah kebobolan dalam tiga laga terakhir di penyisihan Grup H.

Gol tunggal ini sekaligus menutup laga Persija vs SLNA di babak kedua.

Susunan Pemain
Persija
Andritany Ardhiyasa, Rezaldi Hehanusa, Maman Abdurahman, Ismed Sofyan, Jaimerson, Rohit Chand, Sandi Sue, Ramdhani Lestaluhu, Rudi Widodo, Riko Simanjuntak, Marko Simic

SLNA
Le Quang Dai, Hoang Van Khanh, Pham The Nhat, Tran Dinh Hoang, Yo Ngoc Duc, Ho Phuc Tinh, Le Manh Dung, Le The Cuong, Ngo Xuan Toan, Ho Tuan Tai, Nguyen Viet Nguyen

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH