Hari Tari Sedunia 29 April 2021 & Sejarah International Dance Day

Penulis: Yulaika Ramadhani - 28 Apr 2021 11:13 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tanggal 29 April sebagai International Dance Day berasal dari hari lahir Jean-Georges Noverre.
tirto.id - Hari Tari Sedunia atau International Dance Day diperingati setiap tanggal 29 April. Tanggal 29 April sebagai International Dance Day ini berasal dari hari lahir dari pembuat tari balet modern, Jean-Georges Noverre.

Dilansir situs International Dance Day, tujuan peringatan ini adalah untuk merayakan tarian, bersenang-senang dalam universalitas bentuk seni dengan melintasi semua hambatan politik, budaya, dan etnis.

Peringatan yang dicanangkan oleh Komite Dansa International Theatre Institute (ITI) sejak tahun 1982 juga bertujuan untuk menyatukan orang-orang dengan bahasa universal yakni tarian.

Komite Dansa Internasional ITI akan memilih koreografer atau penari berbakat dari seluruh dunia untuk menari dan menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat dunia. Pesan tersebut akan diterjemahkan ke berbagai bahasa dan diedarkan secara global.

ITI melalui laman resminya mengumumkan, perayaan online Hari Tarian Internasional 2021 dimulai pada Kamis 29 April 2021 pukul 14.00 Waktu Paris.

Perayaan utama berisi video pertunjukan tari dari Center ITI dan anggota lainnya. Banyak tokoh penting dalam komunitas tari/dansa global, termasuk Penulis Pesan Hari Tari Internasional (International Dance Day Message Authors) tahun-tahun sebelumnya juga diundang, untuk berbagi pemikiran mereka tentang tari.

Pusat dan Anggota Kerjasama ITI, tokoh-tokoh terkemuka dari komunitas tari global dan kelompok tari menyumbangkan lebih dari tiga jam video pertunjukan tari yang indah untuk perayaan online ini.

Pertunjukan ini, dari berbagai benua di dunia, dapat berupa tarian klasik dan kontemporer, solo, pas de deux dan grup, di atas panggung atau di ruang mana pun, terjadi di tempat nyata atau online. Semuanya digabungkan menjadi satu, merupakan ungkapan yang sangat baik dari keanekaragaman budaya dan ketahanan manusia saat menghadapi kesulitan.

Siapa Jean-Georges Noverre?

Jean-Georges Noverre adalah koreografer Prancis terkemuka yang revolusioner. Ia membawa reformasi besar dalam produksi balet, yaitu menekankan pentingnya motivasi dramatis, yang disebut balet d'action.

Ia juga mengkritik penekanan berlebihan pada keahlian teknis. Kesuksesan koreografi pertamanya, Les Fêtes chinoises (1754), menarik perhatian David Garrick, yang mempresentasikannya di London pada tahun 1755. Setelah menghasilkan mahakarya seperti Medée et Jason dan Psyché et l'Amour (di Stuttgart, 1760–67), ia diangkat menjadi master balet di Paris Opéra pada tahun 1776.

Jean-Georges Noverre lahir 29 April 1727, di Paris, Prancis. Ia meninggal tanggal 19 Oktober 1810 di Saint-Germain-en-Laye, demikian dikutip Britannica.


Baca juga artikel terkait HARI TARI SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH

DarkLight