Hari Pramuka Trending Topic di Twitter dan Ucapan dari Para Tokoh

Oleh: Yonada Nancy - 14 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus hari ini menjadi trending topic di Twitter, para tokoh juga mengucapkan selamat Hari Pramuka.
tirto.id - Hari Pramuka Nasional ke-58 yang jatuh pada hari ini (14/8/2019) disambut meriah oleh berbagai kalangan. Hari Pramuka pun menjadi trending topic di media sosial Twitter hari ini. Berbagai ucapan selamat dituliskan oleh ribuan warganet. Para tokoh dan lembaga-lembaga nasional ikut mengucapkan selamat Hari Pramuka.

Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lewat akun @AHYS14P mengunggah foto dirinya mengenakan setelan seragam pramuka lengkap sembari memegang tongkat komando.

"Selamat Hari Pramuka Indonesia ke-58. Kita harus banyak belajar dari alam. Ada siang, ada malam. Belum tentu siang itu terang penuh peluang, dan malam itu kelam penuh tantangan,” tulis putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu dalam cuitannya.

Ucapan pun datang dari Keraton Yogyakarta, yakni putri pertama Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi lewat akun @gkr_mangkubumi.

“Selamat Hari Pramuka ke 58 tahun. Semakin maju, berkembang, berguna bagi masyarakat dan mewujudkan Pramuka Istimewa yang seutuhnya. Salam Pramuka!” cuit Ratu Mangkubumi dalam akunnya.

Dalam akun Twitternya, GKR Mangkubumi yang merupakan Ka Kwarda DIY memang sangat aktif dalam kegiatan pramuka. Ia sempat menghadiri Kemah Budaya Pramuka se-Jawa pada bulan Juli lalu. Ia juga ikut berpartisipasi dalam Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka Perdana pada akhir Juni tahun ini.

Sekertaris Kabinet, Pramono Anung dalam akun twitter resmi milik Sekertariat Kabinet ikut mengunggah foto Pramono Anung dengan ucapan "Selamat Hari Pramuka".

“Pramuka memberikan wadah untuk berlatih kepemimpinan, berorganisasi, bermusyawarah, dan bermufakat. Maka bagi siapa pun anak muda, mari bersama-sama belajar menyiapkan diri melalui Pramuka, yang juga bisa menjadi tempaan pemimpin masa mendatang,” demikian seperti yang dikutip dari @setkabgoid.

Akun-akun resmi lembaga nasional pun ikut memeriahkan trend ini, Ditjen Pajak contohnya. Lembaga ini mengunggah gambar ucapan selamat, diiringi dengan cuitan “Biar #KawanPajak semangat, ayo kita TEPUK PRAMUKA!!!” di akun resminya yaitu @DitjenPajakRI.

Selain itu Kementerian Keuangan dalam akun resminya @KemenKeuRI bergabung untuk mengucapkan selamat. “Satyaku ku darmakan Darmaku ku Baktikan agar Jaya Indonesia tanah airku Aku jadi Pandumu Selamat Hari Pramuka ke-58,” cuit akun resmi tersebut diiringi dengan #HariPramuka58.

Pramuka memang sudah akrab didengar dan dilakukan masyarakat Indonesia sejak 58 tahun lalu. Hingga tahun 2013, kegiatan ini menjadi salah satu ekstrakurikuler favorit siswa dan siswi sekolah dasar hingga menengah atas.

Setelah muncul Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan, Pramuka kini dijadikan kegiatan wajib bagi para siswa dan siswi di sekolah.


Baca juga artikel terkait HARI PRAMUKA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Kontributor: Yonada Nancy
DarkLight