Hari Pemadam Kebakaran 4 Mei 2021: Sejarah & Cara Merayakannya

Oleh: Yulaika Ramadhani - 3 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tentang sejarah Firefighters’ Day dan cara merayakan Hari Pemadam Kebakaran.
tirto.id - Hari Pemadam Kebakaran dikenal dengan istilah International Fire Day atau Firefighters’ Day dan diperingati tanggal 4 Mei setiap tahunnya.

Sejarah Hari Pemadam Kebakaran ini lahir sejak tahun 1999 setelah 5 petugas pemadam kebakaran tewas secara tragis selama kebakaran hutan di Australia ketika arah angin berubah tiba-tiba dan menelan mereka dalam kobaran api.

Firefighters’ Day dirayakan pada tanggal 4 Mei karena itu adalah hari Santo Florian. Santo Florian adalah salah satu petugas pemadam kebakaran pertama dari batalion Romawi yang sebenarnya dan menyelamatkan banyak nyawa, adalah santo pelindung petugas pemadam kebakaran.

Tragedi Linton Bushfire

Peristiwa yang menyebabkan terciptanya tanggal 4 Mei sebagai Hari Pemadam Kebakaran ini dimulai pada tragedi tanggal 2 Desember 1998 di Linton Community, Australia. Peristiwa yang dikenal dengan Linton Bushfire itu begitu tragis hingga mengguncang seluruh dunia.

Linton adalah daerah berpenduduk di Victoria, Australia, dan petugas pemadam kebakaran pada saat itu sedang menangani kebakaran hutan besar-besaran. Mereka menyerukan untuk saling membantu. Hal ini mengakibatkan Brigade Bebas Geelong Barat datang ke tempat kejadian. Mereka tidak tahu tragedi dan keputusasaan yang menunggu mereka.

Petugas pemadam saat itu adalah Matthew Armstrong, Jason Thomas, Stuart Davidson, Chris Evans, dan Garry Vredeveldt semuanya dimuat ke dalam truk.

Mereka dikirim untuk membantu memadamkan api sebagai bagian dari regu pemogokan. Namun, saat mereka berjalan ke zona panas, angin berubah arah tiba-tiba, yang mengakibatkan truk itu dilalap api, dengan kelima anggota kehilangan nyawa mereka.

Itu adalah peristiwa yang sangat tragis, dan itu menghasilkan lahirnya hari untuk merayakan petugas pemadam kebakaran dan semua yang mereka lakukan. Bagaimanapun banyak petugas pemadam kebakaran lainnya kehilangan nyawa di lapangan.

Infografik Hari Pemadam Kebakaran
Infografik Hari Pemadam Kebakaran. tirto.id/Fuad


Sementara itu, dikutip dari laman Fire Hero, organisasi pemadam kebakaran Amerika National Fallen Firefighters (NFFF) Foundation mulai bergabung dalam perayaan petugas pemadam kebakaran global pada setahun lalu, 4 Mei 2020.

"Misi kami adalah untuk menghormati dan mengingat petugas pemadam kebakaran Amerika yang jatuh, untuk membantu keluarga mereka dalam membangun kembali kehidupan mereka, dan untuk mencegah cedera dan kematian petugas pemadam kebakaran," tulis NFFF.

Pada perayaan Firefighters’ Day tahun lalu, hampir 500 keluarga di seluruh Amerika Serikat bergabung dengan NFFF untuk melakukan Shine Your Light for Fireers, yang meminta anggota komunitas untuk menyalakan rumah mereka dengan warna merah untuk menunjukkan dukungan mereka kepada petugas pemadam kebakaran.

Departemen pemadam kebakaran AS, gedung-gedung publik, perusahaan dan keluarga di Kanada dan Inggris juga bergabung dengan gerakan tersebut.

Cara merayakan Hari Pemadam Kebakaran

Ada banyak cara bagus untuk merayakan petugas pemadam kebakaran di hari ini.

Anda dapat berdonasi untuk menyumbangkan uang ke salah satu dari banyak badan amal pemadam kebakaran di luar sana. Donasi ini tentu akan membantu petugas pemadam kebakaran yang terluka saat menjalankan tugas mendapatkan perawatan medis yang mereka butuhkan dan kembali sehat.

Sebagaimana ditulis Day of the Years, Anda juga dapat meningkatkan kesadaran tentang bahaya yang dihadapi petugas pemadam kebakaran dengan berani setiap hari dengan mengenakan pita merah dan biru — warna air dan api.


Baca juga artikel terkait HARI PEMADAM KEBAKARAN atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight