Hari Keluarga Nasional 29 Juni: Sejarah & Tema Harganas 2021

Kontributor: Yonada Nancy, tirto.id - 27 Jun 2021 13:59 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Harganas ke-27 tahun 2021 mengangkat tema "Melalui keluarga kita wujudkan Sumber Daya Manusia unggul menuju Indonesia Maju."
tirto.id - Hari Keluarga Nasional (Harganas) merupakan salah satu hari nasional yang diperingati setiap bulan Juni, tepatnya tanggal 29 Juni. Tahun ini, Harganas ke-28 akan jatuh pada hari Selasa (29/6/2021).

Harganas dibentuk sebagai peringatan kepada masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga. Keluarga dianggap memiliki peran besar sebagai upaya memperkuat ketahanan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Dari keluargalah kekuatan dalam pembangunan suatu bangsa akan muncul" catat Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Harganas pertama kali diinisiasi oleh ketua BKKBN di era Presiden Soeharto, yaitu Haryono Suyono. Usulan ini disambut baik oleh pemerintahan kala itu dan mulai dirayakan sejak 1993.

Terdapat makna mendalam dari dipilihnya tanggal 29 Juni sebagai Harganas. Beberapa waktu setelah Indonesia mengumumkan kemerdekaan di 1945, situasi nasional belum juga kondusif. Kondisi tersebut memaksa masyarakat Indonesia dihadapkan dengan wajib militer untuk mempertahankan kemerdekaan.

Banyak masyarakat yang terpisah dengan keluarga karena dipanggil ke medan perang saat itu. Kemudian, pada 22 Juni 1949, Belanda akhirnya menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh. Perang berakhir dan para pejuang mulai kembali kepada keluarganya.

Peristiwa kembalinya para pejuang untuk berkumpul kembali dengan keluarganya tercatat pada satu minggu setelah kedaulatan Indonesia diberikan, yaitu 29 Juni 1949.

Infografik Hari Keluarga Nasional
Infografik Hari Keluarga Nasional. tirto.id/Fuad


Selain peristiwa tersebut, tanggal 29 Juni juga bertepatan dengan momen dimulainya gerakan Keluarga Berencana (KB) Nasional atau hari kebangkitan keluarga Indonesia.

Saat ini ketetapan mengenai Harganas tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 39 Tahun 2014 yang dirilis di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam Kepres tersebut disebutkan bahwa meskipun disebut sebagai hari nasional, Harganas bukan merupakan hari libur.

Tema dan Perayaan Hari Keluarga Nasional

Di perayaan Harganas ke-28, BKKBN mengangkat tema "Keluarga Keren Cegah Stunting" dan Hastag Harganas yaitu #KELUARGAINDONESIACEGAHSTUNTING.

BKKBN diketahui menyelenggarakan Sayembara Pantun KB Pria bertepatan dengan Harganas mendatang.

Melansir instagram @bkkbnofficial, lomba pantun tersebut dapat diikuti oleh masyarakat umum dengan tema "Suami Hebat untuk Keluarga Sehat." Lomba tersebut dilaksanakan secara online melalui media sosial Instagram.

Masyarakat dapat berpartisipasi mulai dari tanggal 21 hingga 28 Juni 2021. Pemenang lomba akan diumumkan bertepatan dengan Harganas, yaitu 29 Juni 2021. BKKBN akan memberikan hadiah sebesar Rp300.000 bagi pemenang lomba Sayembara Pantun KB Pria tersebut.


Baca juga artikel terkait HARI KELUARGA NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight