Hari Dokter Nasional 2021 & Peran Penting Dokter pada Masa Pandemi

Oleh: Dhita Koesno - 21 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Dokter dan para tenaga medis lainnya patut mendapatkan gelar pahlawan dalam masa pandemi corona saat ini.
tirto.id - Hari Dokter Nasional diperingati setiap tanggal 24 Oktober dan tahun ini jatuh bertepatan pada hari Minggu (24/10/2021).

Bicara soal dokter tentu tak bisa lepas dengan peran pentingnya selama masa Pandemi COVID-19.

Dokter dan para tenaga medis lain seperti perawat dan petugas-petugas kesehatan lainnya patut mendapatkan gelar pahlawan dalam masa pandemi corona saat ini.

Dokter beserta para petugas kesehatan telah bekerja dengan senyap dan sukarela mempertaruhkan nyawa demi keselamatan orang lain.

Peran Dokter di Masa Pandemi COVID-19


Dikutip dari situs resmi Kemenko PMK, peran tenaga kesehatan masyarakat, terutama dokter sangat penting dalam penanganan Covid-19 pada setiap level intervensi.

Salah satu tugasnya kepada masyarakat di masa pandemi adalah melakukan komunikasi risiko dan edukasi masyarakat terkait protokol kesehatan untuk melawan Covid-19.

Selanjutnya petugas kesehatan juga berperan melakukan contact tracing & tracking (penyelidikan kasus dan investigasi wabah), serta sebagai fasilitasi dan pemberdayaan masyarakat.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto menyatakan, dokter dan tenaga kesehatan masyarakat memiliki kemampuan dalam memahami pola-pola promotif dan preventif Covid-19 di masyarakat.

Hal ini menjadi sesuatu yang sangat diperlukan, khususnya dalam merancang program dan kebijakan untuk mempercepat penanganan Covid-19.

"Tenaga kesehatan masyarakat sangat perlu dilibatkan secara optimal dalam banyak aspek promotif dan preventif kesehatan masyarakat," kata Deputi Agus.

Selain itu, dokter beserta tenaga kesehatan masyarakat lain juga bisa berinovasi dan menciptakan strategi percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia, dengan fokus utama edukasi dan pemberdayaan masyarakat, lalu fokus kedua memperkuat pelayanan kesehatan itu sendiri.

Hingga saat ini, ada berbagai strategi dan program penanganan Covid-19 yang disarankan oleh para tenaga kesehatan termasuk dokter, termasuk menempatkan tenaga kesehatan masyarakat di tempat-tempat umum yang berisiko tinggi penularan virus.

Usul itu merupakan upaya mempromosikan adaptasi kebiasaan baru dan protokol kesehatan oleh para tenaga kesehatan masyarakat.

Jadi, dokter dan petugas kesehatan telah memainkan peran penting dalam perang melawan pandemi Covid-19 selama satu setengah tahun terakhir ini.

Saran utama dari dokter para tenaga medis sebenarnya sederhana, yakni tetap patuh pada 3M: menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan selalu memakai masker jika berada di tempat umum.

Saran ini juga ditujukan untuk kebaikan kondisi kesehatan kita. Hal ini berarti, sebagai masyarakat sebaiknya menuruti dan menghargai saran mereka.

Mari berikan apresiasi sebesar-besarnya bagi dokter dan para tenaga medis di masa Pandemi ini.


Baca juga artikel terkait HARI DOKTER NASIONAL 2021 atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight