Harga Nokia 8 Terbaru di E-commerce Indonesia

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 7 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Diperkenalkan di Indonesia pada bulan Februari lalu, harga Nokia 8 kini mengalami penurunan.
tirto.id - Nokia 8 merupakan salah satu smartphone flagship yang mengusung spesifikasi dan fitur cukup menarik. Smartphone Android andalan Nokia ini pertama kali diperkenalkan di pasar global pada Oktober 2017 silam. Nokia 8 kemudian menggebrak pasar Indonesia empat bulan kemudian, tepatnya pada Februari 2018 lalu.

Kamera belakang ganda dan layar resolusi 2K menjadi daya tarik utama smartphone besutan HMD Global ini. Saat diluncurkan di pasar Tanah Air, harga Nokia 8 dibanderol Rp6.499.000. Berdasarkan pantauan Tirto di sejumlah e-commerce Indonesia, Jumat (7/12/2018), harga Nokia 8 sudah mengalami penurunan.

Harga Nokia 8 saat ini Rp5.999.000 berdasarkan pantauan dari Nokia official store di Lazada Indonesia. Beberapa penjual lain di Lazada maupun Tokopedia, ada yang menjual dengan harga yang lebih murah, yakni Rp3.899.000. Harga ini terpaut agak jauh jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh Nokia official store. Padahal keduanya sama-sama bergaransi resmi.

Sementara di BukaLapak, harga Nokia 8 ternyata tidak jauh berbeda dengan di Tokopedia, pada kisaran Rp3,9 juta sampai dengan Rp4,9 juta. Toko online lainnya, Shopee, harga berada di angka Rp4 jutaan. Harga Nokia 8 di BliBli ternyata juga tak jauh berbeda dengan e-commerce lainnya, yakni di angka Rp 4 jutaan. Kendati begitu, masih ada seller yang menjualnya dengan harga Rp6,2 juta.


Spesifikasi Nokia 8 masih cukup mentereng di kelasnya. Melansir GSM Arena, HMD Global membekali Nokia 8 dengan layar sentuh berukuran 5,3 inci yang memiliki resolusi Ultra HD atau 2K (1440 x 2560 piksel). Sayangnya, Nokia 8 masih mengusung aspek rasio layar konvensional 16:9 yang sudah mulai ditinggalkan.

Performa smartphone Nokia 8 ini memang bukan yang paling kencang, tetapi kinerjanya masih jauh di atas rata-rata ponsel di kelasnya. Hal ini tak lepas dari dukungan chip Qualcomm Snapdragon 835 yang di dalamnya terdapat prosesor octa-core, terdiri dari quad-core Kryo 2,5GHz dan quad-core Kryo 1,8GHz.

Nokia 8 yang beredar di Indonesia dibekali RAM 4GB dan didukung memori internal berkapasitas 64GB. Kapasitas penyimpanannya masih bisa diperluas melalui slot microSD. Memori RAM 4GB pada Nokia 8 masih sangat memadai untuk komunikasi sehari-hari, gaming, dan multitasking.

Kamera memang menjadi salah satu keunggulan dari Nokia 8. HMD Global membekalinya dengan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor RGB dan 13 megapiksel dengan sensor monokrom. Tak hanya itu, kamera Nokia 8 ini telah mendukung fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan laser autofocus.

Kedua kamera belakang Nokia 8 ini menggunakan lensa besutan Zeiss dengan aperture f/2.0. Bagi penggemar foto selfie, Nokia 8 bisa memanjakan mereka lantaran dipersenjatai dengan kamera depan berkekuatan 13 megapiksel. Baik kamera depan maupun kamera belakang mampu merekam video dengan resolusi 2160p.

Nokia 8 dibekali dengan baterai berkapasitas 3090mAh dan telah mendukung fitur Qualcomm Quick Charge 3.0. Smartphone Nokia 8 ini awalnya menggunakan Android 7.1.1 Nougat dan telah mendapat upgrade ke Android 8.1 Oreo.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Dari Sejawat
Infografik Instagram