Harga Motor Klasik-Retro: Yamaha XSR 155 hingga Kawasaki W175TR

Oleh: Yantina Debora - 23 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Motor klasik retro dari Yamaha XSR 155 hingga Kawasaki W175TR. Ada juga motor klasik Honda Monkey.
tirto.id - Motor berdesain retro menjadi salah satu jenis motor yang hadir di Indonesia. Produsen motor seperti Yamaha hingga Kawasaki menyediakan motor dengan gaya retro ini untuk memnuhi kebutuhan konsumen Tanah Air.

Yamaha menyediakan motor bergaya retro dengan menghadirkan Yamaha XSR 155. Yamaha XSR 155 yang dirilis Desember 2019 dibanderol Rp36,2 untuk OTR Jakarta.

Yamaha All New XSR 155 tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Matte Silver Premium dan Matte Black Elegance dan masuk dalam kelas naked bike Yamaha.

Spesifikasi Yamaha XSR 155 mengusung desain "klasik-modern" yang tidak lekang oleh waktu, mulai dari model tangki Drip-Shaped, jok single seat klasik, serta lampu depan dan belakang berbentuk bulat namun sudah memakai teknologi LED.

Dari segi spesifikasi fitur, Yamaha XSR 155 menyematkan LCD digital pada speedometer bergaya klasik yang dilengkapi Multi Information Display (MID).

Pada bagian kaki-kaki, All New XSR 155 mengadopsi suspensi Up Side Down (USD), ban dual purpose ukuran 110/70 di bagian depan dan 140/70 pada belakang.

Spesifikasi dapur pacu motor Yamaha ini memakai mesin Fuel Injection 155cc, SOHC, 4 langkah berpendingin cairan yang berteknologi VVA sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,2 kw/10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm.

Motor Yamaha ini akan menjadi penantang untuk Kawasaki W175TR di segmen kendaraan berdesain retro.

Sepeda motor bergaya klasik Kawasaki W175 TR hadir di Indonesia diperkenalkan untuk pertama kali oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pada 28 November 2020.

Sepeda motor bergaya klasik Kawasaki W175 TR juga pernah dipajang di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Motobike 2019.

Kawasaki W175TR bertipe street scrambler dan memiliki tangki ramping, knalpot upswept, suspensi memanjang, dan ban dengan pola tapak multipurpose-style yang membikin sensasi off-road.

Kawasaki W175TR memakai mesin 177 cc, 4-stroke, SOHC, dengan 1 silinder yang dilengkapi air-cooled. Mesin motor ini punya daya maksimal 9.6 kW (13 PS)/7,500 min-1, serta torsi maksimum 13,6Nm.

Tangki bensin Kawasaki W175 TR berkapasitas maksimal 7,5 liter. Berat total Kawasaki W175 TR sekitar 121 kg atau hampir setara sepeda motor jenis bebek.

Motor ini memakai suspensi teleskopik. Posisi stang W175 TR pun dibuat lebih tinggi dari model standar untuk memudahkan manuver.

Harga Kawasaki W157 TR model standar dibanderol Rp29,9 juta. Sedangkan harga Kawasaki W157 TR SE senilai Rp32,3 juta (on the road Jakarta).

Selain Yamaha dan Kawasaki, Honda juga memiliki motor klasik yang dinamai Honda Monkey. Mengusung konsep produk Iconic-Fun Bike, Honda Monkey masih tetap mempertahankan garis desain dari generasi pertama, sebuah siluet trapesium yang menonjol dari ukuran bodi yang compact.

Setiap permukaan bodi dan fiturnya didesain secara terpisah dengan lekuk yang simpel dan menarik. Honda Monkey memiliki tangki bensin berukuran 5,6L dengan permukaan glossy yang berwarna sama dengan rangka, swing arm dan shock belakang.

Posisi tangki bensin diletakkan di atas mesin dan dilengkapi dengan emblem logo Old Wing 3D, memperkuat kesan legendaris sepeda motor ini.

Desain ikonik berbalut warna krom juga disematkan pada sepatbor depan dan belakang, penutup knalpot, spion berbentuk bulat dan juga setangnya yang diposisikan tinggi untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.

Dari segi keamanan, Honda Monkey telah menggunakan ABS satu channel di sistem pengeremannya dengan Inertial Measurement Unit (IMU) untuk mencegah ban belakang terangkat saat pengereman mendadak.

Ban berdiameter 12 inch dengan pola block memastikan pengalaman berkendara yang nyaman, ban depannya berukuran 120/80 dan ban belakang berukuran 130/80.

Honda Monkey hadir dengan tiga varian warna yaitu Banana Yellow, Pearl Nebula Red dan Pearl Shining Black. Ketiganya dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp77.700.000.


Baca juga artikel terkait MOTOR RETRO atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Otomotif)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight