Habibie Meninggal, Laga Persipura vs Persija Diawali Hening Cipta

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jelang kickoff, pemain kedua tim, ofisial, dan suporter menyempatkan diri mengheningkan cipta untuk menghormati jasa-jasa Presiden RI ketiga BJ Habibie.
tirto.id - Meninggalnya Presiden ketiga Republik Indonesia (RI), Bacharuddin Jusuf Habibie bikin seluruh lapisan masyarakat berduka, tak kecuali insan sepak bola Indonesia.

Dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 2019 antara
Persipura vs Persija di Stadion Aji Imbut, Rabu (11/9/2019), menjelang kickoff, pemain kedua tim, ofisial, dan suporter menyempatkan diri mengheningkan cipta untuk menghormati jasa-jasa mendiang.

“Kami atas nama keluarga besar PT Liga Indonesia Baru [operator Liga1] mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya bapak Habibie. Semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi-Nya,” ungkap Direktur Media PT Liga Indonesia Baru (LIB), Hanif Marjuni kepada reporter Tirto, Rabu (11/9/2019) petang.

Habibie meninggal di RSPAD Gatot Subroto, Rabu (11/9/2019) pukul 18.03 WIB alias 27 menit jelang kickoff partai Persipura vs Persija. Kabar berpulangnya Habibie telah dikonfirmasi langsung oleh putra kandung almarhum, Thareq Kemal Habibie.

“Alasan kenapa meninggal adalah karena sudah menua dan memakan usia. Kemarin saya katakan bahwa gagal jantung yang mengakibatkan penurunan itu, kalau memang organ-organ itu degenerasi melemah, menjadi tidak kuat lagi, maka tadi jam 18 lebih tiga, jantungnya dengan sendiri menyerah, Baca selengkapnya di artikel," imbuh Thareq.

Pria yang akrab dijuluki Bapak Teknologi RI ini dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto sejak 1 September 2019. Sebelum dinyatakan meninggal, Habibie sempat dijenguk oleh sejumlah tokoh nasional, tak terkecuali Presiden RI Joko Widodo.

Pada saat hari meninggal almarhum, Jokowi kebetulan juga sedang berada
di RSPAD Gatot Subroto.

“Saya sempat ke sini lima menit sebelumnya beliau sudah tidak ada. Tapi tiga hari lalu saya juga menengok beliau, tapi juga sama, tidak bisa berbicara dengan beliau karena memang kondisi sakit,” ungkap Jokowi dalam pernyataan resminya, Rabu (11/9/2019) petang.

“Saya rasa beliau adalah seorang negarawan yang patut kita jadikan contoh dan suri tauladan dalam kehidupan,” tandas Jokowi.

Jika tidak ada perubahan, jenazah Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Kamis (12/9/2019) siang.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight