STOP PRESS! Indonesia Berniat Beli Pesawat Amfibi dan Helikopter Rusia

Habib Rizieq: Mari Kita Saling Menghormati!

Sumber: antara
02 Desember, 2016 dibaca normal 1 menit
Habib Rizieq: Mari Kita Saling Menghormati!
Ribuan umat Islam melaksanakan salat Jumat saat Aksi Bela Islam III di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.
tirto.id - Salah satu tokoh utama Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI), Habib Rizieq Syihab, menyerukan pentingnya penghormatan terhadap seluruh agama di Indonesia tanpa kecuali.

Hal ini disampaikannya di tengah-tengah khotbah shalat Jumat dalam rangkaian Doa Bersama Bela Islam Jilid III yang dilaksanakan dibawah guyuran hujan, Jumat, (02/12/2016).

"Semua harus saling menghormati,” tegas Rizieq. Shalat Jumat ini juga diikuti Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta sejumlah menteri.

Seruan Rizieq senada dengan imbauan dari Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Ia menyampaikan bahwa para peserta doa bersama hanyalah menuntut penegakan hukum atas penistaan agama.

"Tidak ada isu penggulingan kekuasaan, tidak ada isu SARA, ini hanya persoalan penegakkan hukum," kata Hidayat Nur Wahid ketika mengisi tausyiah pada acara doa bersama di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Ia menjelaskan bahwa kegiatan hari Jumat hanyalah doa bersama dari umat Islam yang peduli dan membela terhadap Al-Qur'an.
Pada hari Jumat siang kawasan Monas dipenuhi para peserta yang melaksanakan doa bersama. Semua penjuru tempat dipenuhi oleh shaf-shaf jamaah kecuali rumput kawasan Monas yang memang dilarang untuk diinjak.

Hujan deras juga mengguyur Monas ketika shalat Jumat berlangsung. Seluruh peserta doa bersama khusyuk menjalankannya shalat meski diguyur hujan.

Usai shalat, peserta juga membersihkan sampah serta koran bekas yang basah. Takbir-takbir selalu dikumandangkan usai shalat Jumat, mengiringi pulangnya peserta.

Setelah selesainya shalat Jumat, kemudian para peserta mulai tertib meninggalkan Monas hingga berita ini diturunkan. Menurut pengamatan Antara, terlihat beberapa santriwati membawa sapu dan tempat sampah membersihkan kawasan Monas.

Ribuan peserta doa nampak telah memenuhi kawasan Monas dengan membawa bekal dan perlengkapan ibadah masing-masing, yang kebanyakan berasal dari luar daerah Jakarta.

Peserta doa bersama terlihat khidmat dan khusuk mengikuti kegiatan doa bersama, dengan beberapa anggota keamanan menjaga barisan-barisan shaf yang telah dipersiapkan.

Puluhan truk pembawa air wudhu juga telah tersedia di berbagai titik di seputar lingkaran Monas untuk memfasilitasi para peserta doa bersama yang ingin menggelar shalat Jumat bersama.

(tirto.id : put/put)

Keyword