Gustavo Matosas Pelatih Baru Kosta Rika Hingga Piala Dunia 2022

Oleh: Beni Jo - 10 Oktober 2018
Menjadi pelatih Kosta Rika adalah pengalaman pertama Matosas di level tim nasional.
tirto.id - Kosta Rika pada Rabu (10/10/2018) mengumumkan telah menunjuk Gustavo Matosas sebagai pelatih tim nasional (timnas) mereka untuk mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar pada Selasa (9/10/2018).

Di lansir dari situs resmi FIFA, pelatih berusia 53 tahun asal Uruguay ini menyetujui untuk menangani timnas Kosta Rika yang merupakan pengalaman pertamanya di dunia internasional setelah sebelumnya hanya menangani tim di level klub.


Awal karier kepelatihan Matosas yaitu ketika menangani Danubio di Uruguay dimana dia berhasil memenangkan gelar liga lokal pada tahun 2007.

Setelah itu ketika hijrah ke Meksiko menangani klub Leon, Matosas berhasil merengkuh dua gelar berturut-turut yaitu juara Apertura 2013 dan Clausura 2014.

Setahun kemudian pelatih yang lahir di Argentina ini berhasil menjadi juara Liga Champions CONCACAF 2015 bersama klub America.

"Menangani tim nasional Kosta Rika merupakan sebuah kehormatan yang sungguh amat besar bagi saya," ujar Matosas kepada laman FIFA.

Menurutnya ini merupakan sebuah kesempatan dan tantangan yang besar dan dia merasa sangat gembira atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Pada Piala Dunia 2018 Rusia, Kosta Rika yang tergabung di Grup E bersama Brasil, Swiss, dan Serbia, berada di posisi juru kunci tanpa meraih kemenangan.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis