Flash News

Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi, Lontarkan Abu Setinggi 1,5 Km

Sumber: Antara, tirto.id - 25 Sep 2023 09:19 WIB
Erupsi Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara terjadi pukul 07.12 WIT dengan kolom abu tebal berwarna kelabu mengarah ke timur laut.
tirto.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara, mengalami erupsi berupa abu setinggi 1,5 kilometer (km).

Petugas Pos Pemantauan Gunung Ibu, Ahmad Basuki menyampaikan erupsi itu terjadi pukul 07.12 WIT dengan kolom abu tebal berwarna kelabu mengarah ke timur laut.

"Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi lebih kurang 1 menit 36 detik," ujar Ahmad dikutip dari Antara, Senin (25/9/2023).

Ahmad menuturkan ancaman bahaya erupsi masih jauh dari lokasi pemukiman penduduk yang berjarak enam sampai tujuh kilometer dari kawah gunung api tersebut.

Gunung Ibu berstatus waspada atau level II sejak 10 Desember 2013 hingga sekarang. PVMBG mencatat gunung api di barat laut Pulau Halmahera itu mengalami 33 kali erupsi sejak 1 Januari 2023 hingga 25 September 2023.

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 2.825 meter di atas permukaan laut.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar satu kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

PVMBG meminta masyarakat tidak beraktivitas dalam radius dua kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara Gunung Ibu.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata)," kata Ahmad.


Baca juga artikel terkait GUNUNG IBU ERUPSI atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight