Grammy 2019: This Is America Childish Gambino Raih Song of the Year

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 11 Februari 2019
"This Is America" menjadi lagu rap pertama yang memenangkan Song of the Year.
tirto.id - Childish Gambino bersama rekan penulis lagu Ludwig Goransson meraih Song of the Year untuk lagu "This Is America" yang sensasional di Grammy Awards 2019 pada Minggu (10/2/2018) waktu Amerika Serikat (AS).

Billboard mewartakan, pria bernama asli David Glover ini tak bisa hadir untuk menerima penghargaan. Akan tetapi hal ini tak menghentikannya membuat sejarah. "This Is America" menjadi lagu rap pertama yang memenangkan Song of the Year, salah satu penghargaan tertinggi yang masuk dalam "Big Four" dengan menyertakan penulis lagu.

"This Is America" yang menyinggung soal kekerasan dengan senjata api, rasisme, dan diskriminasi di Amerika, menjadikannya salah satu alasan politik bisa memenangkan penghargaan.

Video lagu ini telah mendapat 482 juta penayangan di YouTube sejak dirilis pada Maret 2018 bersamaan dengan penampilan Glover di Saturday Night Live sebaai Childish Gambino.


Childish Gambino dan "This Is America", diberitakan Vox, meraih empat nominasi, yaitu Record of the Year, Best Rap/Sung Performance, dan Best Music Video.

"This Is America" mengalahkan "All The Stars" (Kendrick Lamar & SZA), "Boo'd Up" (Ella Mai), "God's Plan" (Drake), "In My Blood" (Shawn Mendes), "The Joke" (Brandi Carlile), "The Middle" (Zedd, Maren Morris & Grey), dan "Shallow" (Lady Gaga & Bradley Cooper).


Baca juga artikel terkait GRAMMY AWARDS 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Yulaika Ramadhani