Menuju konten utama

Google: Warganet Indonesia Rajin Cari Info Diskon Saat Puasa

Google Indonesia mengumumkan hasil riset yang menyimpulkan pencarian kata kunci terkait informasi diskon promosi dengan pembelian kartu kredit, cicilan 0 persen dan harga-harga ponsel murah meroket ketika memasuki bulan Ramadhan.

Google: Warganet Indonesia Rajin Cari Info Diskon Saat Puasa
Seorang pengguna Google Search sedang bersiap menggunakan browser, Minggu (26/3/2017). Tirto.id/Andrey Gromico

tirto.id - Google Indonesia mengumumkan hasil riset perusahaan itu terhadap trend pencarian informasi warganet terkait konsumsi saat memasuki bulan Ramadhan.

Kepala Industri Google Indonesia, Henky Prihatna mengatakan, berdasar riset pada tahun-tahun sebelumnya, pencarian informasi mengenai diskon dengan syarat pembelian memakai kartu kredit di Indonesia selalu melonjak saat Bulan Ramadhan tiba.

"Saat Ramadan, yang banyak dicari itu promo kartu kredit. Misalnya, promosi makanan, orang kan ingin berkumpul," kata Henky di Jakarta, pada Selasa (23/5/2017) seperti dilansir Antara.

Dia mencatat pencarian warganet Indonesia terhadap informasi kategori ini pada bulan Ramadhan biasa naik 1,2 kali lipat dibanding bulan biasa. Puncaknya, menurut Henky, ialah saat minggu ketiga puasa atau ketika mayoritas pekerja sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

Henky menambahkan kata kunci lain yang banyak dicari saat Ramadan adalah informasi dengan kata kunci “cicilan 0 persen”. Pencarian kata kunci ini bisa naik 1,6 kali lipat dibanding bulan biasa.

Polanya masih sama, data Google menyebutkan pencarian kata kunci “cicilan 0 persen” melonjak hingga 55 persen pada minggu ketiga Ramadan.

Menurut Henky, kata kunci “cicilan 0 persen” populer saat Ramadhan mengikuti kenaikan konsumsi pembelian barang baru, khususnya pakaian, jelang lebaran.

Henky juga mengatakan pencarian untuk informasi gawai atau ponsel juga naik drastis saat Ramadhan, terutama ketika minggu ketiga bulan puasa, saat pencairan THR berlangsung di mayoritas perusahaan.

Data Google Indonesia mencatat, pencarian ponsel berharga murah, atau di bawah Rp3,5 juta, biasanya naik 1,4 kali lipat dibanding bulan biasa saat Ramadhan. Pencarian informasi soal ponsel secara umum, naik 1,27 kali lipat saat minggu ketiga di bulan puasa.

Sementara pencarian informasi soal ponsel kategori menengah, berharga antara Rp 3,5-7 juta, naik 1,35 kali lipat. Untuk pencarian informasi ponsel berharga mahal, di atas Rp7 juta, juga meningkat 1,25 kali lipat.

Selain menjelang pekan THR, Henky melanjutkan, Google Indonesia juga menemukan pencarian informasi mengenai ponsel naik lagi seminggu setelah Hari Raya.

Baca juga artikel terkait BULAN RAMADHAN atau tulisan lainnya dari Addi M Idhom

tirto.id - Ekonomi
Reporter: antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom