Google Setop Integrasi Photos dan Drive pada Juli

Oleh: Ibnu Azis - 13 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Integrasi Photos dan Drive akan disetop Google pada bulan depan lantaran dikeluhkan penggunanya membingungkan.
tirto.id - Google akan setop integrasi layanan Photos dan Drive pada Juli 2019 atas masukan dari penggunanya.

"Kami telah mendengar umpan balik bahwa koneksi antara layanan ini [Photos dan Drive] membingungkan, jadi bulan depan, kami membuat beberapa perubahan untuk menyederhanakan pengalaman di Drive dan Photos," pernyataan Google dikutip Kamis (13/6/2019).

Mulai bulan Juli, foto dan video baru dari Drive tidak akan secara otomatis ditampilkan di Photos. Demikian pula, foto dan video baru di Photos tidak akan ditambahkan ke folder foto di Drive.

Sementara untuk foto dan video yang dihapus di Drive tidak akan dihapus dari Photos. Ini berlaku pula untuk item yang dihapus di Photos tidak akan dihapus dari Drive.

"Perubahan ini dirancang untuk membantu mencegah penghapusan item secara tidak sengaja di seluruh produk," tulis Google.

Pada saat yang sama, Google juga mengumumkan fitur untuk mengunggah foto dari Drive ke Photos yang juga berdasarkan umpan balik penggunanya.

"Kami telah mendengar bahwa banyak dari Anda menginginkan kontrol yang lebih terperinci ketika menyalin foto dan video dari Drive to Photos," tulis Google.


Fitur baru tersebut dapat di akses di laman photos.google.com dengan nama "Upload from Drive," yang memungkinkan pengguna memilih foto dan video secara manual dari Drive. Ini termasuk item "Dibagikan dengan Saya", untuk diimpor ke Photos.

Lantaran foto dan video tidak lagi disinkronkan di kedua layanan, maka item yang disalin dalam kualitas asli kuotanya akan diperhitungkan di Drive dan Photos.

Google juga mengumumkan bahwa fitur Backup and Sync untuk Windows dan Mac di dua layanan tersebut tetap berfungsi seperti biasa. Bagi pengguna yang menginginkan fotonya ada di dua layanan, dapat mempertimbangkan fitur ini.

"Item yang diunggah menggunakan Backup and Sync dalam kualitas asli ke kedua layanan hanya akan dihitung satu kali terhadap kuota Anda," tulis Google.

Google menggarisbawahi bahwa tidak ada item yang akan dihapus secara otomatis pada bulan Juli ketika sinkronisasi ini dihentikan. Setiap foto atau video dari Drive di Photos yang telah diunggah pengguna sebelum perubahan tersebut akan tetap dalam Photos.

"Jika Anda memiliki folder foto di Drive, folder itu akan tetap berada di Drive, tetapi tidak akan lagi diperbarui secara otomatis," tulis Google.


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight