Google Foto Akan Berhenti Menawarkan Upload Gratis Mulai Juni 2021

Oleh: Patresia Kirnandita - 16 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Semua foto dan dokumen yang diunggah sebelum 1 Juni 2021 tidak akan dihitung dari batas pencadangan default 15GB.
tirto.id - Setelah 5 tahun Google Foto memberikan fitur pencadangan foto secara gratis tanpa batas dengan kualitas yang tinggi, kini pencadangan akan dikenai biaya untuk penyimpanan lebih dari 15GB.

The Verge melansir mulai dari 1 Juni 2021 mendatang, Google akan memberlakukan perubahan kebijakan pada Google Foto dan Google Drive. Kebijakan ini berlaku bagi semua pengguna Google di Android, iOS, dan Desktop.

Bila sebelumnya kebijakan pada Google Foto hanya menghitung gambar dalam kualitas original yang tidak dikompres dan foto yang di-upload dalam kualitas high yang dikompres secara gratis, mulai 1 Juni 2021 semua foto akan diperlakukan sama, sebagaimana diwartakan Antara News.

Perlakuan sama juga berlaku di Google Drive seperti file dokumen, spreadsheet, slide, dan lain sebagainya.

Semua foto dan dokumen yang diunggah sebelum 1 Juni 2021 tidak akan dihitung dari batas pencadangan default, 15GB itu, jadi pengguna masih punya banyak waktu untuk memutuskan apakah akan terus menggunakan Google Foto atau beralih ke penyedia penyimpanan cloud lain. Hanya foto yang diunggah setelah tanggal 1 Juni yang akan mulai dihitung dengan kebijakan baru.

Perubahan ini dilakukan karena adanya paket pencadangan Google One yang bisa menjadi opsi bila pengguna berencana untuk terus mengunggah. Harga Google One mulai dari 1,99 dolar AS/bulan (Rp 28 ribu) untuk 100GB, 2,99 dolar AS/bulan (Rp 42 ribu) untuk 200GB, 9,99 dolar AS/bulan (Rp141 ribu) untuk 2TB, dan 149,99 dolar AS/bulan (Rp 2,1 juta) untuk 30TB.


Google juga akan mengeluarkan kebijakan untuk menghapus data dari akun yang tidak aktif dan melebihi batas penyimpanan setidaknya selama dua tahun. Untuk itu, pengguna mesti merespons email atau notifikasi yang dikirimkan oleh Google dan membuka salah akun Google (Google Foto, Drive, Gmail, dst) secara berkala ketika online.

Google akan mengirimkan pemberitahuan kepada seluruh pengguna secara beberapa kali sebelum penghapusan konten Google apapun, sehingga mereka memiliki kesempatan untuk mengambil tindakan.

Google juga akan mengirim notifikasi bila memori yang digunakan hampir mencapai/melebihi batas yang telah ditentukan.

Akan ada fitur yang menunjukkan "perkiraan yang dipersonalisasi" yang berguna untuk mengetahui tentang berapa lama tingkat penyimpanan akan bertahan. Hal ini berdasarkan upload rata-rata setiap pengguna dari waktu ke waktu dan fitur lainnya seperti alat pemilah foto (memberikan rekomendasi hapus foto buram, gelap, duplikat) atau menghapus file-file berukuran besar.



Baca juga artikel terkait GOOGLE PHOTOS atau tulisan menarik lainnya Patresia Kirnandita
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Patresia Kirnandita
Penulis: Patresia Kirnandita
Editor: Ibnu Azis
DarkLight