tirto.id - Beyond Mobility menjadi tajuk utama ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Pameran otomotif yang digagas Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan dieksekusi oleh Seven Event tersebut akan menjadi ajang pertunjukkan inovasi teknologi dari perusahaan manufaktur kendaraan.
Gaikindo menegaskan, GIIAS 2018 bukan hanya sekadar tempat jual-beli mobil dan motor baru. Misi utama yang dibawa tidak lain adalah memperkenalkan perkembangan industri otomotif Indonesia yang disebut-sebut sudah semakin maju.
Ada satu area khusus disiapkan untuk menjadi etalase perangkat teknologi terbaru dari perusahaan manufaktur otomotif. Pengunjung bisa melihat langsung proses kerja setiap teknologi kendaraan masa depan.
“Kami ingin agar GIIAS dapat menjadi tempat mensosialisasikan berbagai informasi dan kebijakan terbaru dari industri otomotif Indonesia. Tujuannya agar mendapatkan pengertian dan dukungan dari publik, demi pertumbuhan positif industry otomotif Indonesia,” ujar Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi.
Eksibisi otomotif tahunan tersebut akan diramaikan oleh penampilan produk-produk mobil penumpang dari Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. Selain itu, brand kendaraan komersial, meliputi FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks akan ikut andil memperlihatkan inovasi teknologi modern.
Penyelenggara menggarisbawahi, bakal ada penampilan 40 produk mobil baru dan mobil konsep, serta delapan produk motor baru dan konsep di area GIIAS 2018. Deklarasi penerapan standar emisi Euro 4 sudah direncanakan menjadi salah satu agenda pada pameran yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City mulai 2-12 Agustus 2018.
“GIIAS kali ini istimewa untuk Gaikindo karena direncanakan pada saat pelaksanannnya, akan dilangsungkan dua acara penting. Pertama deklarasi yang menandai Indonesia telah memasuki Euro 4, sebuah langkah yang sangat penting untuk pertumbuhan industri otomotif Indonesia,” sebut Nangoi.
“Kedua, pemerintah berencana akan meluncurkan alat mekanik multiguna pedesaan (AMMDes), sebagai satu lagi pencapaian industri di Indonesia. Kedua momen tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi Gaikindo,” lanjut Nangoi.
Panitia GIIAS 2018 merangkul Tokopedia sebagai official e-commerce partner. Pengunjung bisa melakukan pembelian aksesori dan suku cadang kendaraan yang dijual di GIIAS 2018 secara online melalui aplikasi Tokopedia.
Demi menghindari tumpukan pengunjung di loket pembelian tiket, GIIAS 2018 merumuskan sistem pembelian tiket online lewat aplikasi Tokopedia dan Gotix. Panitia menetapkan harga tiket Rp50 ribu pada hari kerja, sedangkan akhir pekan tiket dilego Rp100 ribu. Tiket VIP berbanderol Rp200 ribu disediakan untuk pengunjung yang ingin melihat jalannya press day hari Kamis 2 Agustus 2018.
Penulis: Yudistira Perdana Imandiar
Editor: Yantina Debora