Gianluigi Buffon Akan Tinggalkan Juventus Akhir Musim Ini

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 17 Mei 2018
Buffon tak menutup kemungkinan berkostum klub lain, meski usianya telah menginjak angka 40.
tirto.id - Gianluigi Buffon mengumumkan bakal meninggalkan klub yang telah ia bela selama 17 tahun, Juventus pada akhir musim ini. Pengumuman ini disampaikan Buffon secara resmi pada konferensi pers, Kamis (17/5/2018).

"Sabtu besok [melawan Hellas Verona] akan menjadi laga terakhir saya untuk Juventus dan saya rasa itu akan menjadi cara terbaik untuk mengakhiri petualangan fantastis ini," ungkap Buffon seperti dikutip ESPN.

Buffon sendiri belum menjelaskan secara pasti langkah berikutnya dalam karirnya. Bisa jadi ia pensiun, bisa pula memperkuat tim lain. Kepastian mengenai hal ini baru akan disampaikan Buffon pada pekan mendatang.

"Yang jelas saya bukan tipe orang yang akan mengakhiri karir di level kompetisi lebih rendah karena saya adalah manusia yang kompetitif dan saya tak bisa menjalani hal seperti itu," imbuh pemain berusia 40 tahun itu.

Keterangan tersebut sekaligus menepis kemungkinan Buffon hengkang ke klub dengan level kompetisi lebiih rendah, seperti klub-klub Liga China atau MLS. Menurut kabar yang beredar, Liverpool dan Paris Saint-Germain (PSG) menjadi dua klub yang paling meminati jasa Buffon. Ada pula raksasa Argentina, Boca Juniors yang mengungkapkan ketertarikannya. Sementara untuk opsi hengkang ke sesama klub asal Italia, Buffon menepis kemungkinan tersebut jauh-jauh.

"Untuk di Italia, kita bahkan tak perlu membicarakannya. Kembali ke Parma merupakan mimpi masa kecil yang indah, tapi tidak lebih dari itu," tandas Buffon.

Pada November tahun 2017 lalu, Buffon telah lebih dulu mengumumkan pensiun dari panggung internasional, menyusul kekalahan pada kualifikasi Piala Dunia melawan Swedia. Bersama Italia, Buffon telah menorehkan rekor dengan total 176 caps sejak debutnya melawan Russia pada 1997.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live
a