Gerakan Nasional Non Tunai

Oleh: Wan Ulfa Nur Zuhra - 24 Mei 2016
Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) merupakan salah satu program yang diusung Bank Indonesia
tirto.id - Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) merupakan salah satu program yang diusung Bank Indonesia untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang praktik penggunaan instrumen non tunai uang elektronik secara langsung. Gerakan ini diharapkan mampu membuat masyarakat menjadi terbiasa dan mulai merasa nyaman untuk menggunakan instrumen pembayaran non tunai sehingga terciptalah less cash society.

Gerakan ini mulai dicanangkan pada 14 Agustus. Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, selain untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat, gerakan non tunai juga mendukung upaya pencegahan korupsi, pencucian uang, dan pembiayaan terorisme.

Dari segi efisiensi, gerakan ini juga diklaim mampu menekan anggaran yang dikeluarkan setiap tahunnya untuk mencetak uang.

Peran Bank Indonesia dalam pelaksanaan GNNT adalah melakukan standardisasi instrumen non tunai dan infrastruktur penunjang transaksi non tunai. Selain itu, BI juga melakukan interkoneksi dari prinsipal ATM/Debit agar dapat memudahkan konsumen dan merchant dalam bertransaksi, menjunjung tinggi aspek perlindungan konsumen dalam bidang pengamanan alat pembayaran non tunai.

Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Wan Ulfa Nur Zuhra
(tirto.id - )

Reporter: Wan Ulfa Nur Zuhra
Penulis: Wan Ulfa Nur Zuhra
Editor: Wan Ulfa Nur Zuhra