Menuju konten utama
Advertorial

Gen Z Nilai TikTok sebagai Media Sosial Paling Informatif

Berdasarkan survei, Gen Z menganggap TikTok sebagai media sosial paling informatif (32 persen).

Gen Z Nilai TikTok sebagai Media Sosial Paling Informatif
TikTok. FOTO/Freepik

tirto.id - Aktivitas hiburan digital saat ini sudah menjadi hal yang lumrah, seperti menikmati film atau serial, hingga mendengarkan musik atau podcast. Semua jenis hiburan tersebut kini dapat dinikmati dengan mudah melalui smartphone, yang sering disebut sebagai mobile entertainment. Tak hanya itu, media sosial juga menjadi salah satu bentuk hiburan digital yang banyak diminati.

Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui perilaku dan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan mobile entertainment dan sosial media pada paruh kedua 2024 yang melibatkan 2416 responden Jakpat.

Laporan Jakpat menyoroti tentang penggunaan platform over-the-top (OTT) seperti Netflix, Vidio, atau Disney+ Hotstar. Sebanyak 84 persen responden menggunakan OTT untuk menonton film, 72 persen untuk menonton serial, dan 47 persen untuk menonton kartun atau anime. Satu dari 4 penonton OTT menghabiskan waktu 1,5-2 jam sekali membuka platform tersebut.

Berdasarkan negara asal, konten terbanyak ditonton di OTT berasal dari Korea Selatan (71 persen), disusul Indonesia (69 persen), dan Amerika Serikat (50 persen). Sementara tiga genre top adalah action (65 persen), komedi (63 persen), dan romansa (61 persen).

Netflix masih menjadi peringkat pertama sebagai platform OTT yang digunakan dengan kenaikan 7 persen dari tahun lalu menjadi 63 persen. Tiga dari 10 pengguna OTT menonton Vidio. Persentase pengguna WeTV, Viu, dan Disney+ Hotstar sama, yaitu 26 persen. Platform dengan dominasi konten Mandarin, yaitu WeTV dan iQIYI, mengalami kenaikan dibanding tahun lalu.

Instagram Dianggap Media Sosial Paling Informatif

Hiburan mobile lain yang tak kalah disenangi adalah media sosial. Pada paruh kedua 2024, Instagram menjadi primadona di mana 4 dari 5 pengguna media sosial mengakses merek tersebut. Media sosial lain yang digunakan adalah YouTube (76 persen) dan TikTok (67 persen).

Dari segi nilai, tiap generasi memiliki pandangan yang berbeda. Gen Z menganggap TikTok sebagai media sosial paling informatif (32 persen). Sementara Milenial memilih Instagram (29 persen) dan Gen X memilih YouTube (30 persen) sebagai media sosial paling informatif.

Ada berbagai hal yang dicari di media sosial. Musik/film/serial dan kuliner adalah dua topik yang paling banyak dicari, dengan persentase masing-masing 58 persen dan 57 persen. Ada juga responden yang mencari informasi terkait wisata/liburan (56 persen) dan kesehatan (52 persen) di media sosial. Selain itu, 1 dari 2 Gen Z juga senang mencari tahu tentang fesyen.

Head of Research Jakpat, Aska Primardi, menilai bahwa akses mobile entertainment dan media sosial sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Atensi dan minat masyarakat tetap tinggi, selain itu mereka juga menjadikan platform mobile ini menjadi sebuah hal yang harus dimiliki dan tidak bisa ditinggalkan,” kata dia.

“Kondisi ini tercermin dari angka incidence pengguna kedua jenis platform tersebut tetap tinggi secara konsisten dari waktu ke waktu. Bagi masyarakat, khususnya Gen Z, kedua platform ini juga menjadi sumber informasi yang ter-update dan dapat dipercaya, baik seputar informasi tentang isu-isu terkini ataupun informasi tentang sebuah produk,” jelas Aska.

Lalu, bagaimana pandangan terhadap langganan sosial media? Bagaimana dengan platform musik dan podcast, jenama dan topik apa saja yang disenangi di akhir paruh 2024? Dapatkan hasilnya dengan data mendetail dalam laporan Jakpat “Indonesia Mobile Entertainment & Social Media Trends – 2nd Semester of 2024”.

Baca juga artikel terkait MEDIA SOSIAL atau tulisan lainnya dari Advertorial

Penulis: Advertorial
Editor: Advertorial