Info Gempa Terkini

Gempa Terkini Brebes dan Penjelasan Lengkap BMKG Soal Penyebabnya

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 28 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Brebes yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.
tirto.id - Gempa tektonik dengan magnitudo 3.0 mengguncang wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pagi tadi, Selasa (28/9/2021) pukul 08.40.40 WIB.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie, berdasarkan hasil analisis BMKG episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,17 LS dan 109,03 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km arah Timur Laut Bumiayu Brebes, pada kedalaman 11 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar baribis kendeng segmen Brebes," kata Setyoajie melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Tirto.

Setyoajie juga menjelaskan bahwa guncangan gempa ini dirasakan di dirasakan di desa Dawuhan Kabupaten Brebes, Bumiayu, Margasari dengan II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Menurutnya, hingga Selasa, 28 September 2021 pukul 10.00 WIB, terdapat satu kali gempa susulan (aftershock) dengan magnitudo 2.6. Episenter gempa terletak pada koordinat 7,198 LS dan 109,02132 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km arah Barat Daya Kabupaten Tegal - Jateng, pada kedalaman 25 km.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar mengindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," ujarnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan pula informasi soal gempa dari sumber resmi BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.


Baca juga artikel terkait GEMPA BREBES atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight