Gempa Berkekuatan Lebih Dari 5 SR Guncang Aceh dan Garut

Oleh: Mutaya Saroh - 16 Februari 2017
Pada dini hari Kamis, (16/2/2017) terjadi gempa yang hampir bersamaan di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh dan Kabupaten Garut.
tirto.id - Pada dini hari Kamis, (16/2/2017) terjadi gempa yang hampir bersamaan di dua daerah yang jaraknya berjauhan. Gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala Richter dan 5,4 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pada Kamis dini hari dan gempa berkekuatan 5,2 skala Richter mengguncang Kabupaten Garut.

Laman resmi Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi menyebutkan, gempa bumi pertama terjadi pada pukul 02.47 WIB dengan kekuatan 5,5 SR yang berlokasi 5.18 Lintang Utara - 96.19 Bujur Timur dengan kedalaman 14 kilometer.

Pusat gempa terjadi pada dua kilometer Barat Laut Kabupaten Pidie Jaya, yang dirasakan di wilayah Banda Aceh.

Selang beberapa menit, sekitar pukul 02.53 WIB, Kabupaten Pidie Jaya kembali diguncang gempa dengan kekuatan 5,4 SR yang berlokasi 5.21 Lintang Utara - 96.13 Bujur Timur dengan kedalaman 12 kilometer. Diketahui, pusat gempa terjadi pada 9 kilometer Barat Laut Kabupaten Pidie Jaya, yang dirasakan di wilayah Banda Aceh. Gempa yang dirasakan di wilayah Banda Aceh itu dinyatakan BMKG tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, di Kabupaten Garut Jawa Barat pada Kamis waktu dini hari juga terjadi gempa berkekuatan 5,1 skala Richter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, menyampaikan berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan laporan BMKG, gempa bumi berkekuatan 5,1 SR terjadi sekitar pukul 01.53 WIB dengan titik gempa 66 kilometer barat daya Garut dengan kedalaman 19 kilometer.

Baca juga artikel terkait GEMPA ACEH atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh
DarkLight