Gempa 5,3 SR Mengguncang Aceh Sore Ini, Tak Berpotensi Tsunami

Oleh: Yuliana Ratnasari - 8 Februari 2018
BMKG memastikan gempa ini tidak berpotensi terjadi tsunami.
tirto.id - Gempa berkekuatan 5,3 SR mengguncang Aceh Barat hari ini, Kamis (8/2/2018) sekitar pukul 16.52 WIB. BMKG memastikan gempa ini tidak berpotensi terjadi tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa pusat gempa terjadi pada koordinat episenter 4.66 LU dan 96.27 BT. Tepatnya, berada di darat 26 km timur laut Kabupaten Aceh barat dengan kedalaman 10 km.

Dampak gempa bumi ini dirasakan hingga Banda Aceh (III MMI), Aceh Besar (III MMI), Calang (III MMI), dan Aceh Jaya (IV MMI).

Skala III MMI menunjukkan, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sementara skala IV MMI menggambarkan gempa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik, dan dinding berbunyi, demikian penjelasan BMKG dari laman resminya.

Sementara berdasarkan laporan BNPB dari rilis yang diterima Tirto, belum ada laporan dampak kerusakan dan korban akibat gempa.

“Diperkirakan tidak ada korban dan dampak merusak dari gempa 5,3 SR tersebut,” Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Kondisi terakhir dari BNPB menunjukkan, gempa sempat dirasakan sedang selama 5 detik di Aceh Barat. Dan, dirasakan lemah selama 2 detik di Pidie Jaya dan Pidie.




Baca juga artikel terkait GEMPA BUMI atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight