Fakta-Fakta Mayat Tanpa Kepala di Lampung dan Kronologi Penemuan

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 11 Sep 2023 14:03 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kronologi penemuan mayat tanpa kepala di pantai Lampung, masih diselidiki polisi.
tirto.id - Polisi sedang mengidentifikasi empat mayat tanpa kepala yang ditemukan di Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Tanggamus.

Satu mayat ditemukan pada 15 Agustus 2023 di Tanggamus, dua mayat ditemukan di Lampung Selatan pada 6 September dan satu mayat ditemukan di Tanggamus pada 7 September.

Polda Lampung kemudian melakukan tes DNA keluarga terhadap empat jasad tanpa kepala yang ditemukan di pesisir pantai tersebut untuk mempermudah penyelidikan.

"Kami akan melakukan penyelidikan DNA keluarga dari keempat mayat tersebut guna mengetahui identitasnya," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, dikutip Antara News, Minggu (10/9/2023).

Ia mengatakan bahwa hingga saat ini kepolisian masih melakukan penyelidikan, khususnya terkait identitas empat jasad tanpa kepala tersebut, sebab ketika ditemukan keempatnya tidak terdapat identitas.

"Oleh karena itu, untuk mempermudah penyelidikan kami meminta warga yang mengetahui memberikan informasi kepada polisi.

Informasi sekecil apapun akan sangat berarti untuk mempermudah penelusuran, kemudian bila ada keluarga yang kehilangan anggota keluarganya segera lapor ke kepolisian terdekat.


Fakta-Fakta Mayat Tanpa Kepala di Lampung

Dari keempat mayat yang ditemukan, terdapat kesamaan yakni bagian kepala, tangan dan kaki hilang serta kondisi mulai membusuk.

Polisi akan melakukan autopsi jasad-jasad tersebut pada Senin (11/9/2023). Autopsi ini dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian dan perkiraan berapa lama waktu kematian dari jasad itu.

Sebelum penemuan jasad pada 7 September, dua jasad ditemukan sehari sebelumnya di Pantai Dusun Sukarame, Kecamatan Bakauheni, dan Pantai Dusun Paret Dua, Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan.

Kapolres mengatakan, saat ini identitas dan penyebab kematian korban tersebut masih dalam penyelidikan aparat, melihat kondisi jasad keduanya sudah rusak.

Kondisi korban yang ditemukan di TKP sudah rusak, dan diperkirakan korban ini sudah satu hingga tiga bulan berada di dalam air.

Warga digegerkan atas penemuan sesosok mayat tanpa kepala dan identitas yang mengapung di Pantai Dusun Sukarame, Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan.

Kapolsek Penengahan, Polres Lampung Selatan Iptu Gobel membenarkan bahwa pihaknya telah mendapatkan laporan dari warga terkait adanya penemuan mayat di Pantai Dusun Sukarame pada Rabu (6/9/2023) pagi.

"Iya benar, telah ditemukan mayat laki-laki identitas belum diketahui di pinggir Pantai Dusun Sukarame, Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni," kata Kapolsek Penengahan Iptu Gobel.

Kemudian jasad kedua ditemukan di hari yang sama oleh seorang petani di sebuah tambak di Desa Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan pada Rabu, pukul 21.00 WIB.


Baca juga artikel terkait LAMPUNG atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Hukum)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight