Menuju konten utama

Game BTS World Hasil Kerja Sama Big Hit & Netmarble Rilis Tahun Ini

Netmarble bekerja sama dengan Big Hit Entertainment membuat mobile game BTS dengan nama "BTS Wold".

Game BTS World Hasil Kerja Sama Big Hit & Netmarble Rilis Tahun Ini
BTS. FOTO/Twitter/BTSofficial

tirto.id - Big Hit Entertainment bekerja sama dengan perusahaan game Netmarble akan meluncurkan mobile game dari boy group BTS. Game yang rencananya dirilis pada 2019 ini bertajuk "BTS World".

Belum ada informasi rinci soal konsep BTS World, tapi Big Hit telah membuat akun ofisial Twitter @BTSW_official. Pihak agensi menulis di bio Twitter “See you there, 2012, when we first met”. Jika ditafsirkan, kemungkinan game ini akan dimulai dari pertemuan awal personel BTS.

Selain Twitter, melalui situs web resmi BTS World, Netmarble menampilkan poster berwarna gradasi ungu dengan tulisan "Coming Soon presented by Netmarble". Netmarble telah mengumumkan dalam konferensi Q3 2018, BTS World akan hadir pada Q1 2019.

Dilansir Invenglobal, BTS World merupakan game simulasi yang menampilkan video dan foto-foto boy group BTS. Permainan ini pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2018 di NTP (Netmarble Together with Press).

South China Morning Post (SCMP) mewartakan, game ini akan menggabungkan lebih dari 100 klip video dan 10 ribu foto pakaian K-pop yang populer. Pemain bertugas "mengasuh" para personel BTS dengan diiringi lagu-lagu populer Bangtan Boys.

"Kemungkinan besar popularitas global BTS akan membuat game ini menjadi hit," kata analis dari Yuanta Securities Korea, Lee Chang-young, seperti dikutip SCMP.

BTS debut pada Juni 2013, dengan tujuh personel, yaitu Jin, Suga, J-Hope, Rap Monster, Jimin, V, dan Jungkook.

Pada awal 2019 ini, BTS telah merilis berbagai macam proyek. Pada 17 Januari lalu, Big Hit bekerja sama dengan Naver meluncurkan komik web toon BTS bertajuk “Save Me”.

Pada 26 Januari, idol group yang dipimpin Rap Monster ini merilis film dokumenter “Love Yourself in Seoul” yang ditayangkan di 3.800 layar lebar di 39 negara.

Popularitas Netmarble

Netmarble beberapa kali merancang game yang meledak di pasaran, salah satunya permainan berkonsep monopoli online bernama "Get Rich". Di beberapa daerah di Indonesia, "Get Rich" dijadikan turnamen.

Selain "Get Rich", Netmarble juga mengeluarkan banyak permainan lainnya, seperti "Star Wars: Force Arena", "Assault Gear", "Blossom Party", "Iron Throne", "Disney Magical Dice", "OZ Chronicle", dan lain-lain.

Namun, South China Morning Post menyebut Netmarble memiliki kinerja buruk selama kuartal pertama dan tidak merilis game baru.

Perusahaan ini membukukan penjualan sebesar 507,5 miliar won atau 475 juta dolar AS dengan laba operasi 74,2 miliar won dengan penjualan dan laba operasi masing-masing turun 26,2 persen dan 62,9 persen dari tahun ke tahun.

Seorang analis dari Hi Investment & Securities, Kim Min-jeong menaruh harapan tinggi untuk keberhasilan BTS World.

"Karena game ini secara eksklusif menawarkan lebih dari 100 klip video dan 10.000 foto serta lagu populernya, Netmarble berharap bisa menjadi penjualan yang tinggi di berbagai area di seluruh dunia," kata Kim.

Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan lainnya dari Dipna Videlia Putsanra & Alifa Justisia

tirto.id - Musik
Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Dipna Videlia Putsanra & Alifa Justisia
Editor: Yandri Daniel Damaledo