Fitur Baru Instagram Reels: Cara Pakai, Membagikan dan Menonton

Oleh: Balqis Fallahnda - 9 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Instagram kembali merilis fitur baru, yakni Reels. Fungsi fitur baru Instagram tersebut mirip dengan TikTok.
tirto.id - Instagram baru saja meluncurkan fitur baru bernama Reels. Fitur baru IG ini menawarkan fungsi yang serupa aplikasi TikTok.

Dengan menggunakan fitur Reels, pengguna Instagram dapat membuat video berdurasi 15 detik, yang disertai dengan efek, audio, dan tools kreatif. Instagram mengklaim fitur Reels memberikan kesempatan bagi para pengguna platform milik Facebook Inc ini untuk menjadi kreator yang bisa menjangkau audiens di "panggung" global.

"Anda dapat berbagi reels dengan pengikut Anda di Feed, dan, jika Anda mempunyai akun publik, buat mereka tersedia untuk komunitas Instagram yang lebih luas melalui ruang baru di Jelajah," demikian pernyataan resmi Instagram.

Dikutip dari situs The Verge, Reels telah diluncurkan untuk pengguna iOS dan Android di 50 negara termasuk Amerika, Inggris, Jepang, dan Australia.

Berikut cara menggunakan, membagikan, dan menonton Reels, sesuai dengan panduan yang ada di laman resmi Instagram.


Cara Menggunakan Reels di Instagram

Untuk menggunakan fitur baru ini, pilih Reels di bagian bawah kamera Instagram. Pengguna akan menemukan berbagai alat edit kreatif di sisi kiri layar untuk membantu membuat video, alat edit tersebut adalah sebagai berikut.

1. Audio

Cari lagu dari perpustakaan musik Instagram. Anda juga dapat menggunakan audio asli buatan sendiri hanya dengan merekam Reels. Saat Anda berbagi Reels yang disematkan audio asli, audio Anda akan dikaitkan dengan Anda. Jika Anda memiliki akun publik, pengguna lain bisa membuat Reels dengan audio Anda dengan memilih "Gunakan Audio" dari Reels Anda.

2. Efek AR

Pilih salah satu dari banyak efek di galeri efek yang dibuat oleh Instagram dan creator dari seluruh dunia, untuk merekam beberapa klip dengan efek berbeda.

3. Timer dan Hitung Mundur

Atur timer untuk merekam klip secara handsfree. Setelah menekan Rekam, Anda akan melihat hitungan mundur 3-2-1, sebelum perekaman dimulai selama jumlah waktu yang dipilih.

4. Sejajarkan

Mensejajarkan objek dari klip sebelumnya sebelum merekam klip selanjutnya dapat membantu membuat transisi yang mulus untuk momen, seperti berganti pakaian, atau menambahkan teman baru ke dalam reels Anda.

5. Kecepatan

Pengguna Reels bisa mempercepat atau memperlambat bagian dari video atau audio yang dipilih. Ini dapat membantu pengguna tetap mengikuti irama atau membuat video gerakan lambat.

Reels dapat direkam dalam serangkaian klip (satu per satu), sekaligus, atau menggunakan upload video dari galeri. Rekam klip pertama dengan menekan dan menahan tombol ambil. Anda akan melihat indikator kemajuan di bagian atas layar saat merekam. Berhenti merekam untuk mengakhiri setiap klip.


Cara Berbagi Reels
di Instagram

Dengan Reels, pengguna dapat berbagi dengan pengikut dan dapat ditemukan oleh komunitas Instagram yang sangat beragam di Explore. Adapun caranya adalah sebagaimana perincian berikut ini.

1. Untuk pengguna akun publik

Pengguna dapat membagikan Reels ke ruang khusus di Explore. Reels tersebut berpeluang untuk dilihat oleh komunitas Instagram yang lebih luas. Pengguna juga dapat membagikan Reels kepada pengikutnya dengan mempostingnya sebagai feed.

Saat pengguna membagikan Reels yang menampilkan lagu, hashtag, atau efek tertentu, reel juga dapat muncul di halaman khusus saat seseorang mengklik lagu, hashtag, atau efek tersebut.

2. Untuk pengguna akun privasi

Pengguna akun privasi dapat membagikan Reels ke Feed sehingga hanya pengikutnya yang dapat melihat. Orang lain tidak akan dapat menggunakan audio asli dari video Reels pengguna. Orang lain juga tidak dapat membagikan Reels pengguna kepada orang lain yang tidak mengikutinya.

Setelah video Reels siap, pindah ke layar share. Pengguna Instagram bisa menyimpan draft Reels, mengubah gambar sampul, menambahkan keterangan dan hashtag, dan menandai teman. Setelah membagikannya, Reels tersebut akan ada di tab terpisah di profil pengguna, tempat orang dapat menemukan Reels yang telah dibagikan. Jika pengguna juga membagikannya sebagai feed, Reels akan muncul di kisi profil utama. Pengguna pun memiliki opsi untuk menghapusnya.

Pengguna yang memiliki akun publik dan privasi dapat membagikan video Reels dalam story, close friends, atau pesan langsung. Jika melakukannya, video Reels akan seperti story biasa, tidak akan muncul di Explore maupun profile, dan akan menghilang setelah 24 jam.


Cara Menonton Reels
di Instagram

Reels pada Explore akan menampilkan trending terbaik di Instagram. Pengguna dapat menemukan pilihan Reels yang menghibur yang dibuat oleh siapa saja di Instagram, dalam umpan vertikal yang disesuaikan untuk mereka. Pengguna Ig juga dapat dengan mudah menyukai, berkomentar, atau membagikannya dengan teman.

Pengguna Instagram pun akan melihat beberapa Reels dengan label "Unggulan". Jika Reels yang dibuat pengguna ditampilkan di Explore maka ia akan menerima pemberitahuan.

Reels unggulan adalah pilihan publik yang dipilih oleh Instagram untuk membantu pengguna dalam menemukan konten asli yang diharapkan bisa menghibur dan menginspirasi.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Addi M Idhom
DarkLight