Filosofi Kopi 2, Kembalinya Duo Kopi Ikonik

Reporter: Nuran Wibisono - 11 Jul 2017 15:09 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Setelah sukses dengan sekuel pertamanya, Film Filosofi Kopi yang dirilis tahun 2015 lalu hadir kembali tahun ini dengan tajuk Filosofi Kopi 2: Ben & Jody dan dengan alur cerita yang lebih kompleks.
tirto.id - Duo Ben dan Jody kembali hadir di layar lebar. Karakter dua sahabat yang diperankan oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto ini tampil dalam film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody yang diproduksi oleh Visinema Pictures dan bekerja sama dengan 13 Entertainment.

Dalam film kedua ini, alur cerita yang dihadirkan lebih kompleks. Kedalaman cerita juga didukung oleh hadirnya dua pemeran baru, yakni Luna Maya sebagai seorang investor bernama Tarra, dan Nadine Alexandria sebagai barista berpengalaman. Di sekuel berjarak 2 tahun dari pendahulunya, dikisahkan Ben dan Jody memutuskan menjual kedai kopi kesayangan mereka.

Mereka kemudian berkeliling Indonesia dengan menaiki kombi Filosofi Kopi. Namun perjalanan ini tak berujung manis. Ben dan Jody, lengkap dengan karakter lekat mereka, memilih untuk kembali ke rumah: Jakarta, lengkap dengan cita-cita membuat lagi kedai kopi nomor satu. Bukan mimpi yang mudah, tentu saja. Karena karakter Ben dan Jody yang saling bertolak belakang. Ini menghadirkan drama intens, serta komedi yang selalu segar.

Ada banyak hal menarik dalam film Filosofi Kopi 2 ini. Selain kehadiran 2 karakter baru yang menambah ramai jalan cerita (dan juga konflik klasik dalam dunia bisnis, dan apa lagi kalau bukan asmara), kita juga bisa menyaksikan keindahan tempat-tempat penghasil kopi Indonesia jempolan. Film ini memang mengombinasikan genre drama dan perjalanan. Filosofi Kopi 2 mengambil gambar di 6 kota di Indonesia. Mulai Jakarta, Makassar, Toraja, juga Bali.

Kehadiran M. Irfan Ramli sebagai salah satu penulis skenario juga menjadi nilai tambah tersendiri. Irfan adalah salah satu penulis skenario terbaik di Indonesia. Ia pernah menulis skenario film Cahaya Dari Timur (juga dibintangi Chicco Jerikho, dan mendapatkan banyak penghargaan di berbagai festival film) dan Surat Dari Praha. Karena itu, kehadiran Irfan dalam Filosofi Kopi 2 kemungkinan besar bisa memperkuat jalan cerita.

Film yang dikembangkan dari novel karya Dewi Lestari ini akan tayang pada 13 Juli 2017. Namun sebelumnya, ada perjalanan keliling empat kota untuk gala premiere, yakni Yogyakarta (4/7/2017), lalu Jakarta (6/7/2017), Surabaya (8/7/2017) dan Bandung (12/7/2017). Setelah itu, Filosofi Kopi 2 akan tayang di seluruh Indonesia.

Gala premiere di Jakarta berlangsung meriah. Dengan penampilan biduan asal Los Angeles, Leanna Rachel yang berdendang di atas kombi Filosofi Kopi. Leanna menjadi salah satu pengisi soundtrack Filosofi Kopi 2. Nama lain yang masuk dalam daftar pengisi soundtrack adalah Robi Navicula, Banda Neira, hingga band asal Yogyakarta, FSTVLS.

Selagi menyaksikan Leanna dan Fourtwnty, para undangan juga bisa menikmati kopi sedap gratis, sama seperti keinginan Ben, "kopi enak harus dibagi-bagi." Acara kemudian dilanjutkan dengan menonton film ini untuk pertama kali sebelum tayang secara nasional.

Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Nuran Wibisono
(tirto.id - Film)

Reporter: Nuran Wibisono
Penulis: Nuran Wibisono
Editor: Nuran Wibisono

DarkLight