NKCTHI diangkat dari buku dengan judul yang sama karya Marchella FP. Film ini berkisah tentang Angkasa, Aurora dan Awan, kakak beradik yang hidup dalam keluarga yang tampak bahagia.

Terkait film NKCTHI, aktris Rachel Amanda mengaku cukup tertantang untuk memerankan karakter anak bungsu, Awan, dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), lantaran dirinya merupakan anak sulung.

"In real life, aku adalah anak sulung. Aku enggak pernah dimanjain dan cenderung cepat mengerti kalau dunia enggak selamanya mulus dan ada kegagalan," kata Amanda usai konferensi pers NKCTHI di Jakarta, Kamis (19/12/2019) dilansir Antara.

Ia merasa bahwa karakter yang ia perankan cukup bertolak belakang dengan dirinya. Awan digambarkan sebagai gadis yang naif dan diperlakukan spesial oleh orang tua dan kedua kakaknya.

Untuk mendalami perannya, tak jarang Amanda menemui teman-temannya yang merupakan anak terakhir. Ia juga sering berdiskusi dengan Rio Dewanto, pemeran tokoh Angkasa, yang rupanya merupakan anak bungsu.

"Aku belajarnya ngobrol sama teman-temanku yang bungsu, sih. Dan juga akhirnya nyari info dari Kak Rio (Dewanto) yang merupakan anak bungsu. Soal apa yang dia lakukan di rumah, apakah ia diperlakukan spesial sama keluarga di rumah, dan lainnya," ujarnya.

Kendati pernah merasakan menjadi seorang anak terakhir melalui film NKCTHI, gadis berusia 24 tahun itu mengatakan bahwa ia masih merasa lebih menyukai menjadi seorang kakak karena menikmati tanggung jawabnya.

"Aku tahu rasanya punya tanggung jawab dengan adik-adik. Aku juga suka ngemong, bantuin, sampai antar-jemput," kata Amanda.

"Di satu sisi aku itu Angkasa banget. Aku ngerti keresahannya Angkasa dimana lo merasa punya kehidupan lain di luar keluarga tapi kepikiran sama di rumah. Misalnya kayak beliin sesuatu buat orang rumah ketika aku pergi, udah jadi kebiasaan," lanjutnya.

Sinopsis film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)

Setelah mengalami kegagalan besar pertamanya, Awan berkenalan dengan Kale, seorang cowok eksentrik yang memberikan Awan pengalaman hidup baru, tentang patah, bangun, jatuh, tumbuh, hilang dan semua ketakutan manusia pada umumnya.

Perubahan sikap Awan mendapat tekanan dari orang tuanya. Hal tersebut mendorong pemberontakan ketiga kakak beradik tersebut yang menyebabkan rahasia dan trauma atau luka besar dalam keluarga mereka terungkap.

Film NKCTHI juga diadaptasi ke dalam sebuah mini seri yang terdiri dari tiga episode. Kisahnya bercerita tentang Awan dan Satria yang memperlihatkan bagaimana mereka berbagi resah, mimpi, dan perjalanan yang sama tentang mimpi mereka menjadi arsitek.

Awan dan Satria masih berkutat pada pencarian arah. Mereka mengejar mimpi yang menguji kebersamaan dan jadi ujian untuk prinsip masing-masing. Angkasa juga muncul sebagai kakak yang suportif dalam web seri ini. Namun, Aurora sama sekali belum dimunculkan.

Film ini dibintangi oleh Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara, Donny Damara, Susan Bachtiar, Chicco Jerikho, Putri Marino, Oka Antara, Ardhitp Pramono, Umay Shahab, Muhammad Adhiyat, Sinyo, Agla Artalidia dan Alleyra Fakhira.