Film Keluarga Wonder (2017), Mengajari Cara Empati dengan Difabel

Kontributor: Farizqa Ayuluqyana Putri - 31 Des 2020 21:23 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Film keluarga, Wonder, punya makna mendalam tentang seorang difabel dan tersingkir. Film ini bisa ditonton di Netflix.
tirto.id - Film Wonder (2017) mengajak penonton untuk berempati pada kaum lemah, difabel, dan tersingkir. Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya R. J. Palacio ini layak menjadi tontonan edukatif untuk keluarga.

Sang sutradara Stephen Chbosky, bermodalkan anggaran sebesar $20 juta berhasil menghadirkan tokoh August Pullman aka "Auggie" (Jacob Tremblay) dengan peran yang baik.

Wajar jika kemudian, film ini berhasil menyabet beragam penghargaan. Film ini menyabet juara pada ajang Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films, USA kategori best independent film dan Heartland Film untuk truly moving picture awards yang diberikan pada Stephen Chbosky (director) dan Lionsgate (production company).

Selain itu keluar sebagai pemenang Humanitarian Award untuk Stephan Chbosky, serta masuk sebagai nominee pada berbagai ajang penghargaan nasional maupun internasional. Total film ini mendapatkan 4 gelar juara dan 30 nominasi.

Dalam durasi 113 menit, film ini berhasil mengisahkan tentang kekurangan seseorang bukanlah suatu pembenaran dari tindak perundungan. Hal ini semustinya dapat menjadi contoh bahwa sekolah sesungguhnya merupakan tempat yang inklusif, terbuka bagi siapapun tanpa memandang latar belakang, fisik, atau apapun itu.

Selain itu, film Wonder turut menyisipkan kisah beberapa pemeran pendukung lainnya yang juga berperan dalam kehidupan Auggie. Maka tak heran bila film tersebut berhasil masuk jajaran box office dan menghasilkan pendapatan kotor senilai $305.900.041.

Sinopsis

Augie terlahir dengan kelainan bentuk wajah sangat langka yakni Mandibulofacial Dysostosis yang kemungkinan termasuk sindrom Treacher Collins. Kelainan ini membuat parasnya tak seperti kebanyakan orang. Ia juga harus menjalani sekitar 27 kali operasi di wajahnya untuk dapat melihat, mendengar, dan berkomunikasi dengan lebih baik.

Akibat kondisi fisiknya, Auggie sangat tidak percaya diri sehingga dirinya selalu belajar mandiri di rumah. Sampai akhirnya di kelas lima, sang orang tua, Isabel (Julia Roberts) dan Nate (Owen Wilson) memasukkan Auggie ke sekolah umum. Sepanjang bersekolah dirinya tak lepas dari perilaku perundungan yang dilakukan oleh teman sebayanya, kecuali Jack Will (Noah Jupe), temannya sejak pertama kali jelajah sekolah.

Namun, saat perayaan Halloween di mana dirinya menggunakan kostum ghostface dengan rasa percaya diri, ia mendengar perkataan Jack pada Julian (Bryce Gheisar) bahwa dirinya hanya pura-pura berteman dengan Auggie lantaran mengikuti pesan Mr, Tushman (Mandy Patinkin) sang kepala sekolah. Mengetahui hal tersebut, Auggie merasa dikhianati dan memutuskan untuk menjaga jarak dengan Jack.

Meski telah rilis di Amerika Serikat sejak 17 November 2017, film ini layak menjadi tontonan akhir pekan bersama keluarga. Setidaknya film ini masuk rekomendasi film keluarga layak tonton. di Rotten Tomatoes pun film ini mendapatkan skor 85%, dengan IMDb 8/10 serta Metacritic 66%.

Wonder dapat disaksikan secara resmi melalui Netflix sebagai kanal layanan streaming film.


Baca juga artikel terkait FILM KELUARGA atau tulisan menarik lainnya Farizqa Ayuluqyana Putri
(tirto.id - Film)

Kontributor: Farizqa Ayuluqyana Putri
Penulis: Farizqa Ayuluqyana Putri
Editor: Agung DH

DarkLight