Menuju konten utama

Festival Jalan-Jalan Ajak Pelancong Beralih ke Online

Pameran perjalanan, Festival Jalan-Jalan yang berlangsung dari 21 hingga 27 November 2016 dihadirkan untuk menggaet orang-orang yang umumnya berbelanja tiket perjalanan secara offline agar beralih ke online.

Festival Jalan-Jalan Ajak Pelancong Beralih ke Online
sejumlah wisatawan menikmati deburan ombak di obyek wisata tanah lot, tabanan, bali, jumat (8/7). selama liburan idul fitri 1437 h kunjungan wisatawan ke tanah lot meningkat mencapai 16 ribu orang per hari dari biasanya rata-rata 10 ribu orang per hari. antara foto/nyoman budhiana.

tirto.id - Dari ratusan juta orang Indonesia yang menggunakan internet, belum banyak yang beralih berbelanja tiket perjalanan secara daring. Karena itu lah Festival Jalan-Jalan diselenggarakan untuk mengajak pelancong memesan paket atau tiket perjalanan via online.

Pameran perjalanan, Festival Jalan-Jalan yang berlangsung dari 21 hingga 27 November 2016 dihadirkan untuk menggaet orang-orang yang umumnya berbelanja tiket perjalanan secara offline agar beralih ke online. Pasalnya, menurut data dari Google Indonesia, sekitar 100 juta orang Indonesia menggunakan internet, dan 80 juta di dalamnya merupakan pengguna ponsel pintar.

“Wisata merupakan salah satu pelopor masyarakat beralih ke belanja online. Namun di Indonesia, belum ada travel fair online yang melibatkan beberapa pelaku industri wisata online,” ujar Kepala Industri Google Indonesia Henky Prihatna.

Selain itu, festival juga memberikan kemudahan bagi pelancong dengan menghadirkan berbagai potongan harga. Mulai dari tiket perjalanan, hotel, hingga atraksi wisata melalui situs resmi festival jalan-jalan.

Tidak hanya menawarkan tiket murah dan penginapan, pengunjung situs juga akan mendapat penawaran potongan harga untuk perlengkapan perjalanan, seperti diskon untuk gawai dan perlengkapan jalan-jalan, seperti tas dan koper.

Pelaku industri wisata daring yang berpartisipasi dalam festival tersebut, yaitu Mister Aladdin dan Pegipegi. Tidak hanya itu, maskapai penerbangan seperti Air Asia, Garuda Indonesia dan transportasi daring Uber juga turut serta.

Sebagaimana dilaporkan Antara, hingga pukul 12.30 WIB situs Festival Jalan-Jalan telah dikunjungi 60.000 orang, dari 2 juta pengunjung situs yang ditargetkan.

“Kami harap ini berkelanjutan,” kata pimpinan Dentsu Aegis Network Indonesia Harris Thajeb.

Sementara itu, Kepala Pemasaran Traveloka, Dannis Muhammad yang ditemui di acara temu media Festival Jalan-Jalan pada Senin (21/11/2016) menyebut Bali dan Singapura sebagai destinasi utama liburan singkat bagi banyak pelancong Indonesia.

“Kalau untuk libur pendek, Bali. Selain itu, Bogor juga tujuan wisata liburan singkat terutama bagi yang tinggal di Jakarta,” ucap Dannis.

Sedangkan untuk tujuan mancanegara, Singapura merupakan tempat orang Indonesia menghabiskan waktu selama liburan singkat mereka. Negara 1001 larangan itu dipilih karena hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam dengan pesawat untuk mencapainya.

Baca juga artikel terkait FESTIVAL JALAN-JALAN atau tulisan lainnya dari Mutaya Saroh

tirto.id - Ekonomi
Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh