Federasi Sepakbola Ekuador Jatuhi Sanksi Lima Pemain

Federasi Sepakbola Ekuador Jatuhi Sanksi Lima Pemain
Sebelum pertandingan antara Ekuador dan Argentina sebagai bagian dari Kualifikasi Piala Dunia 2018 FIFA di Olimpico Atahualpa Stadium, Selasa (10/10/2017). FOTO/Getty Images
Reporter: Nicholas Ryan
13 Oktober, 2017 dibaca normal 1 menit
Federasi Sepak Bola Ekuador enggan menyebutkan nama lima pemain yang terkena sanksi.
tirto.id - Federasi Sepak Bola Ekuador telah menjatuhi sanksi pada lima pemain Timnas Ekuador karena keluar hotel tanpa izin, menjelang pertandingan melawan Argentina dalam kualifikasi Piala Dunia di Quito, Jumat (13/10/2017) waktu Indonesia.

Selasa lalu, Ekuador meladeni Argentina yang datang ke Quito guna memperoleh poin untuk bisa lolos ke Piala Dunia Rusia. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Argentina.

Ekuador sebagai tuan rumah sempat unggul lebih dulu melalui Romerio Ibarra saat pertandingan baru berjalan 40 detik. Namun petaka datang di menit ke-11 saat Lionel Messi memulai pesta gol untuk Argentina berturut-turut di menit ke-18 dan 62. Hatrik itu pun membawa pasukan La Albiceleste melaju ke Piala Dunia 2018 setelah tertekan dalam empat laga tanpa kemenangan.

Sementara itu, Federasi Sepak Bola Ekuador enggan menyebutkan nama lima pemain yang terkena sanksi. Ia hanya menyebut mendapat laporan dari pelatih Jorge Celico dan langsung memutuskan untuk memberi sanksi pada mereka.

“Begitu kami mendapat laporan dari pelatih Jorge Celico, dengan uraian faktanya, kami sepakat untuk menjatuhkan sanksi kepada mereka berupa larangan ikut dalam semua kegiatan tim nasional,” demikian pernyataan federasi, Jumat (13/10/2017) seperti dikutip Antara.

Ekuador sebelumnya tampil apik di kualifikasi Piala Dunia dengan empat kemenangan dalam empat pertandingan pertama. Namun, kondisi justru berbalik saat 14 pertandingan berikutnya tim berjuluk La Tricolor ini hanya menang dua kali dan mengakibatkan turun ke posisi delapan klasemen dari 10 tim di Grup Zona Amerika Selatan.

Baca juga: Daftar 23 Negara yang Lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Nicholas Ryan
(tirto.id - rya/rat)

Keyword