Fakta Tentang Jerawat

Oleh: Agung DH - 19 Juli 2016
Penyakit jerawat menimbulkan masalah bagi sebagian orang. Penyakit kulit ini memang tidak menyebabkan kematian tapi cukup membuat malu penderitanya. Karenanya mereka berupaya menghilangkan penyakit ini dari tubuh mereka.
tirto.id - Jerawat terbentuk ketika pori-pori tersumbat. Penyumbatan ini mengakibatkan infeksi pada kulit dan menimbulkan benjolan berisi kotoran lemak, darah dan nanah.

Penyakit kulit ini bisa menjangkiti siapapun baik pada laki-laki maupun perempuan. Namun paling umum terjadi pada remaja. Perubahan hormon pada remaja sering disebut sebagai salah satu pemicu munculnya jerawat. Meski demikian, penyebab pasti jerawat memang sangat beragam. Satu orang bisa berbeda dengan yang lain.

Karena penyebab jerawat beragam, akhirnya muncul beragam mitos tentang jerawat. Ada yang menuding coklat dan makanan berminyak sebagai penyebabnya. Padahal kenyataannya, hanya ada sedikit bukti bahwa makanan berpengaruh banyak pada jerawat pada kebanyakan orang.

Mitos lain menyebutkan kulit kotor menyebabkan jerawat. Namun, komedo dan jerawat tidak disebabkan oleh kotoran. Stres juga tidak menyebabkan jerawat. Semua faktor itu hanya membuat keadaan jauh lebih buruk

Baca juga artikel terkait FAKTA atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - )

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight