Fakta Isu Hadiah Mobil Rolls Royce Phantom Buat Timnas Arab

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 27 Nov 2022 21:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini fakta rumor Timnas Arab Saudi akan dapat hadiah Rolls Royce Phantom, dan spesifikasi mobil mewah tersebut.
tirto.id - Para pemain tim nasional Arab Saudi sempat dirumorkan bakal menerima hadiah mobil Rolls Royce Phantom usai menang atas timnas Argentina dengan skor 2-1 dalam laga Piala Dunia 2022, Selasa (22/11/2022) lalu. Rumor itu lekas menyebar di Twitter.

Salah satu penyebar rumor ini ialah akun Twitter @DrAwab milik Awab Alvi, dokter gigi sekaligus pegiat media sosial kenamaan asal Pakistan. Dia menulis Pangeran Mohammad bin Salman (MBS) akan memberi hadiah Rolls Royce Phantom untuk setiap pemain Timnas Arab Saudi.

Namun, rumor ini tidak benar. Pelatih kepala Timnas Arab Saudi, Herve Renard membantah tegas kabar burung tersebut. Dia bahkan mengatakan belum saatnya bicara soal hadiah.


"[....] Bukan waktunya mendapatkan sesuatu saat ini. Kami baru memainkan satu pertandingan, masih ada 2 laga (fase grup) yang sangat penting. Kami berharap untuk (menang) lebih banyak lagi," kata Renard seperti dilansir New York Post, sebelum laga kontra Polandia di matchday ke-2 Grup C Piala Dunia 2022 lalu.

Spesifikasi dan Harga Mobil Rolls Royce Phantom

Andai saja kabar pemberian mobil Rolls Royce Phantom itu benar, maka pemain timnas Arab Saudi akan memiliki kendaraan premium yang punya spesifikasi dan fitur supermewah. Harga mobil asal Inggris ini di Indonesia bisa mencapai Rp20 miliar per unit. Tipe Phantom adalah salah satu produk flagship dari Rolls Royce.

Rolls Royce Phantom dibekali mesin V12 turbo ganda dan berkapasitas 6.750cc. Dapur pacu mobil ini ditandemkan dengan sistem transmisi Satellite Aided 8 percepatan.

Tenaga yang dapat disemburkan mesin Rolls Royce Phantom mencapai 563 bp dengan torsi puncak 900Nm.

Akselerasinya jelas menawan. Hanya butuh 5,3 detik untuk memacu kecepatan mobil dari posisi 0 ke 100 km/jam. Saat dipacu di jalanan, kendaraan tersebut bisa menembus kecepatan sampai 250 km/jam.

Keunggulan ini sebanding dengan penggunaan bahan bakar bensinnya. Pemakaian satu liter bensin dapat menempuh perjalanan sejauh 7,2 kilometer. Sementara itu, kapasitas tangkinya sebesar 100 liter atau bisa menjangkau sekira 720 kilometer untuk sekali isi penuh.

Sebagai kendaraan paling unggul di antara keluarga Rolls Royce, tipe Phantom memiliki setir yang ditambahkan fitur audio dan cruise control. Untuk memudahkan dalam berkendara, terdapat fitur adaptive cruise control. Sensor parkir telah disematkan pada sisi depan dan belakang mobil.


Selain itu, interior di atap mobil Rolls Royce Phantom mendapatkan sentuhan fiber optik. Hasilnya, atap mobil akan seperti nyala bintang pada malam hari. Kabin belakang sudah dipasangi layar HD berukuran 12 inci. Layar ini turut mendukung siaran televisi untuk sinyal analog ataupun digital.

Baca juga artikel terkait RAGAM DAN HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom

DarkLight