Facebook Tantang LinkedIn Dengan Fitur Baru

Oleh: Mutaya Saroh - 8 November 2016
Dibaca Normal 1 menit
Facebook Inc sedang melakukan uji coba fitur baru yang memungkinkan penggunanya membuat lowongan dan menerima lamaran pekerjaan.
tirto.id - Facebook Inc seakan memberi tantangan pada LinkedIn dengan fitur terbarunya. Fitur yang tengah dilakukan uji coba itu memungkinkan pengguna untuk membuat lowongan dan menerima lamaran pekerjaan.

Sembari membantu penggunanya untuk menjalin hubungan dengan teman dan kerabat, Facebook juga akan membantu dalam mencari pekerjaan.

Media sosial daring asal Amerika Serikat tersebut mengkonfirmasi pada Senin (8/11/2016) bahwa pihaknya sedang menguji coba sebuah fitur yang memungkinkan administrator laman bisnis di Facebook, untuk mempromosikan lowongan pekerjaan dalam lamannya. Selain itu, pengguna juga dapat menerima lamaran pekerjaan dari kandidat.

“Berdasarkan perilaku yang kami lihat di Facebook, banyak usaha kecil yang membuka lowongan pekerjaan dan menerima lamaran dari kandidat,” ujar juru bicara Facebook seperti dikutip Antara.

Dengan fitur pekerjaan, admin Facebook Page memiliki akses pada job tab yang memungkinkan admin untuk memasang lamaran pekerjaan. Rincian lamaran sendiri meliputi jabatan, jenis pekerjaan seperti kerja paruh waktu, penuh waktu atau magang, informasi gaji, dan sebagainya. Kemudian lamaran akan muncul pada job tab dan News Feed pengikut laman perusahaan.

Perusahaan dianggap dapat menarik lalu lintas lebih banyak ke laman Facebook mereka sementara membayar jejaring sosial untuk memuat lowongan pekerjaan kepada para calon pelamar.

Hingga kini belum ada kabar terbaru kapan Facebook akan meluncurkan fitur tersebut. Meskipun begitu, sebagaimana dilaporkan TechCrunch, situs berita teknologi yang pertama kali memberitakan hal ini menuturkan, fitur terbaru Facebook tersebut dapat mengambil alih pasar LinkedIn, perusahaan yang memperoleh sebagian besar pendapatannya dengan menghubungkan para pencari kerja dan perekrut yang membayar biaya bulanan. LinkedIn memungkinkan penggunanya, yang kini berjumlah sekitar 467 juta, untuk mengunggah resume dan menjalin relasi dengan orang-orang di sejumlah perusahaan.

Sebelumnya pada Oktober, Facebook dianggap ingin menyaingi Craigslist dengan meluncurkan Marketplace, fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjual pakaian, furnitur, bahkan mobil kepada calon pembeli di daerahnya. Tidak hanya itu, minggu lalu Facebook juga meluncurkan Gameroom, fitur permainan daring yang mirip dengan situs jejaring Steam.

Baca juga artikel terkait FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh
DarkLight