Facebook dan Perusahaan IT Kembangkan Express Wi-Fi di Indonesia

Oleh: Yulaika Ramadhani - 21 November 2017
Dibaca Normal 1 menit
Salah satu perusahaan IT terkemuka di Surabaya D~Net mengumumkan pengembangan jaringan Express Wi-Fi by Facebook
tirto.id - Salah satu perusahaan IT terkemuka di Surabaya D~Net mengumumkan pengembangan jaringan Express Wi-Fi by Facebook, Minggu (19/11/2017). Acara yang mengusung tema "Hello Digital Inspiration" ini digelar di Exhibition Hall Tunjungan Plaza 3, Surabaya.

Express Wi-Fi sendiri sebelumnya telah hadir di beberapa negara. Dalam proses perluasannya, D~NET dipercaya oleh Facebook sebagai partner untuk mengembangkan Express Wi-Fi di Indonesia.

“D~NET bangga dapat ditunjuk langsung oleh Facebook sebagai partner dalam mengimplementasi express Wi-Fi di Indonesia. Harapan kita dengan hal ini adalah semakin banyak orang yang bisa terkoneksi ke internet khususnya masyarakat di area pengguna Express Wi-Fi,” ujar Caroline Gondokusumo, CEO dan Founder PT Dutakom Wibawa Putra dalam siaran pers-nya.

Caroline menyatakan bahwa pengguna dapat memanfaatkan Express Wi-Fi dalam kehidupan sehari-hari mereka misalnya dalam berjualan online, mengamati harga pasar bahan baku, update berita, menemukan berbagai solusi dengan mudah, selain itu siswa juga dapat menambah ilmu dan membuka jendela pengetahuan mereka dengan dunia luar.

Express Wi-Fi pertama kali diluncurkan di Gunung Bromo pada tahun 2015 sebagai pilot project, yang telah membantu komunitas lokal Gunung Bromo untuk belajar menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet.

Bertolak dari kesuksesan di Gunung Bromo, layanan Express WiFi hadir di Surabaya untuk pertama kalinya, tepatnya di Pogot Surabaya pada bulan September 2017.

Prosesi peresmian ini dihadiri oleh Gaurav Girotra, Business Development Manager Facebook dan Caroline Gondokusuma selaku CEO dan Founder PT Dutakom Wibawa Putra (D~NET).

"Kami sangat senang melihat bahwa Express Wi-Fi tersedia bagi lebih banyak orang di Indonesia melalui kemitraan kami dengan D-NET," kata Munish Seth, Kepala Regional APAC, Express Wi-Fi oleh Facebook.

Pengembangan Express Wi-Fi di Surabaya ini bertujuan untuk menyediakan Wi-Fi yang cepat dan dengan harga terjangkau yang akan membantu menghubungkan orang-orang Surabaya pada area yang kurang memiliki akses internet yang handal. D~NET akan terus melanjutkan pengembangan Hotspot Express Wi-Fi hingga ribuan titik di tahun 2018.

"Ekspansi ini merupakan langkah menuju pencapaian tujuan bersama untuk mengurangi hambatan terhadap konektivitas dan memberi lebih banyak orang di Indonesia akses ke internet yang cepat dan terjangkau." lanjutnya.

Baca juga artikel terkait INTERNET CEPAT atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Yulaika Ramadhani
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
Dari Sejawat
Infografik Instagram