Emmy Awards 2018: Wanita Asia Pertama Masuk Nominasi Aktris Terbaik

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 13 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Sandra Oh sebelumnya pernah masuk nominasi aktris pendukung terbaik untuk perannya di Grey's Anatomy.
tirto.id - Aktris yang berperan di serial Killing Eve, Sandra Oh mencetak sejarah dengan menjadi wanita keturunan Asia pertama yang masuk dalam nominasi aktris terbaik (Outstanding Drama Actress) di Emmy Awards 2018.

Oh sebelumnya pernah lima kali masuk nominasi Emmy dalam kategori aktris pendukung untuk perannya sebagai Christina Yang di serial Grey's Anatomy.

"Saya merasa bersyukur dan gembira dengan nominasi ini. Saya pikir ibu saya juga merasa sangat puas," kata Sandra Oh, seperti dikutip CNN, Jumat (13/7/2018).

Oh juga menyatakan kegembiraannya karena Waller-Bridge masuk nominasi sebagai Outstanding Writing For A Drama Series di Emmy Awards tahun ini. Waller-Bridge merupakan produser eksekutif dan penulis untuk serial Killing Eve.

"Saya senang dengan nominasi untuk Phoebe Waller Bridge dan untuk seluruh pemain dan kru Killing Eve. Saya berbagi momen ini dengan komunitas saya," ujar Oh.

The Washington Post menulis, Oh berperan sebagai petugas MI5 yang terlibat perburuan rumit untuk mencari pembunuh wanita yang menawan namun kejam. Banyak penggemar yang berharap Killing Eve masuk kategori drama terbaik, namun serial ini tak masuk nominasi.

Sandra Oh masuk nominasi bersama deretan aktris lain, yaitu Elisabeth Moss (The Handmaid’s Tale), Keri Russell (The Americans), Evan Rachel Wood (Westworld), Claire Foy (The Crown), Tatiana Maslany (Orphan Black).

Sejak 2010, sejumlah aktris/aktor dan penulis keturunan Asia telah mencatatkan kemenangan di Emmy Awards, seperti Archie Panjabi (2010, Supporting Actress in a Drama), Riz Ahmed (2017, Lead Actor in a Limited Series), dan Aziz Ansari dan Alan Yang (2016, Writing for a Comedy Series).

Nominasi Emmy Awards ke-70 tahun ini didominasi oleh serial The Game of Thrones dengan 22 nominasi, disusul Westworld dan Saturday Night Live dengan 21 nominasi.

Distributor film dan jaringan steraming HBO yang selama 17 tahun paling banyak masuk nominasi, tahun ini dikalahkan Netflix dengan 112 nominasi. Sementara HBO memperoleh 108 nominasi.

Pembacaan pemenang Emmy Awards tahun ini akan disiarkan langsung oleh NBC pada Senin, 17 September 2018.


Baca juga artikel terkait EMMY AWARDS 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Film)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra