Dubes Cina Kagum dengan Kerukunan Agama di Indonesia

Ilustrasi ribuan umat Islam melaksanakan ibadah sholat di ruas jalan samping Gereja Koinonia Jatinegara. TIRTO/Andrey Gromico
17 April 2018
Dibaca Normal 0 menit
"Saya juga melihat antusiasme dan optimisme yang terpancar dari masyarakat Indonesia," ujar Dubes Cina.
tirto.id - Duta Besar Cina untuk Indonesia, Xiao Qian menyatakan kagum dengan kerukunan dan toleransi umat beragama di Indonesia.

"Saya sangat terkesan dengan Indonesia yang memiliki keragaman suku bangsa dan budaya. Saya nyaman tinggal di sini karena masyarakat Indonesia sangat ramah dan santun. Kita dapat menjalin persahabatan dengan mudah," kata Xiao Qian dalam wawancara khusus dengan LKBN Antara di Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Xiao Qian mengatakan Indonesia sangat bersahabat dibandingkan dengan negara Asia lainnya. "Saya juga melihat antusiasme dan optimisme yang terpancar dari masyarakat Indonesia," ujar dia.


Selain itu, Dubes Cina juga mengatakan Indonesia terbesar di ASEAN dalam berbagai ukuran. Penduduknya adalah 40 persen dari total jumlah penduduk ASEAN.

"Indonesia memiliki wilayah daratan sekitar 40 persen luas ASEAN. Indonesia adalah negara penting di kawasan ASEAN," kata dia.

Xiao juga terkesan dengan Indonesia yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi kuat dan stabil serta didukung dengan stabilitas politik di dalam negeri

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia rata-rata di atas 5 persen. Dengan besarnya potensi yang dimiliki, Indonesia akan terus melangkah maju dan membangun ekonominya secara berkelanjutan," ujar Dubes Xiao Qian.

Menurut laman resmi Kedutaan Besar Cina di Jakarta, Dubes Xiao Qian mengawali karir diplomatiknya sebagai Staf Atase Kedutaan Besar Cina di Ethiopia (1986-1990).

Baca juga artikel terkait TOLERANSI BERAGAMA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
a