Dua Pendaki Remaja Asal Salatiga Hilang di Gunung Merbabu

Reporter: antara, tirto.id - 15 Mei 2017 21:19 WIB
Dua pendaki dilaporkan tersesat di Gunung Merbabu sejak Sabtu pekan kemarin dan belum ditemukan sampai Senin sore (15/5/2017).
tirto.id - Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Tengah mengumumkan dua pendaki asal Salatiga dilaporkan hilang saat mendaki Gunung Merbabu dan belum ditemukan hingga Senin sore (15/5/2017). Keduanya diduga hilang di bagian Gunung Merbabu yang masuk kawasan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Juru bicara Basarnas Jawa Tengah, Zulhawary Agustianto mengatakan, dua orang yang hilang tersebut merupakan anggota dari kelompok 12 pendaki asal Ngentak, Kutowinangan, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga.

"Rombongan ini naik pada Sabtu (13/5/2017) melalui Dusun Cuntel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang," kata Zulhawary di Semarang pada Senin (15/5/2017) seperti dilansir Antara.


Menurut Zulhawary, ke-12 pendaki tersebut naik melalui "base camp" di Dusun Cuntel dan secara bersama-sama menuju Pos 3.

Akan tetapi, ketika rombongan itu hendak melanjutkan ke Pos 4, dua pendaki atas nama Angga Wahyu Setiawan (16) dan Inggil Pangestu (16) memutuskan untuk tetap tinggal di Pos 3.

"Keduanya berencana akan lebih dulu turun ke base camp Cuntel," kata Zulhawary.

Namun, Zulhawary melanjutkan, hingga rekan-rekan kedua pendaki itu turun, mereka tidak ditemukan keberadaannya.

"Ketika dicek di base camp Cuntel ternyata tidak ada, hingga saat ini belum sampai ke sana," kata Zulhawary.

Dia menuturkan kedua pendaki tersebut hingga hari ini juga tidak bisa dihubungi telepon selulernya. Zulhawary menduga keduanya tersesat ketika turun dari pos 3 ke "base camp" di Dusun Cuntel.

Warga setempat bersama petugas gabungan dari Basarnas Jateng langsung melakukan pencarian terhadap kedua pendaki tersebut. Pencarian itu melibatkan sekitar 40 orang.

Baca juga artikel terkait PENDAKI HILANG atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom

DarkLight