Drama Korea yang Tayang 2020: Hyena Hingga Kingdom Season 2

Oleh: Maria Ulfa - 2 Desember 2019
Dibaca Normal 5 menit
Daftar drama Korea (drakor) yang akan tayang pada 2020.
tirto.id - Stasiun televisi Korea Selatan telah menyiapkan sederet drama Korea bagi para pencinta drakor untuk menyambut tahun 2020. Tak hanya drama dengan tema romantis, sejumlah stasiun TV juga telah menyiapkan drama dengan genre beragam.

Ada drama bergenre medis, seperti Romantic Doctor Kim 2, kemudian drama bergenre hukum seperti Hyena, dan drama kolosal misteri, Kingdom 2 telah dipersiapkan untuk menghibur para penonton. Selain itu, sejumlah drama Korea yang dijadwalkan tayang pada 2020 adalah sebagai berikut.

  • Romantic Doctor Kim 2
Drama medis ini akan diperankan oleh Han Suk Kyu, Lee Sung Kyung dan Ahn Hyi Seop. Han Suk Kyu akan memerankan karakternya terdahulu, yakni sebagai Guru Kim yang jenius dan merupakan seorang dokter ahli bedah.

Di sisi lain, Lee Sung Kyung akan memerankan tokoh Cha Eun Jae, mahasiswa fellow tahun kedua yang ditempatkan di departemen bedah jantung yang senang belajar dan penuh percaya diri. Cha Eun Jae memang dikenal karena kecerdasannya dan selalu berada pada jajaran siswa elite sepanjang hidupnya.

Kemudian, karakter lainnya adalah Seo Woo Jin yang diperankan oleh Ahn Hyo Seop. Seo Woo Jin merupakan mahasiswa fellow tahun kedua dan seorang ahli bedah. Seo Woo Jin memiliki sikap sinis dan skeptis tentang segala hal, dan ia tidak bisa dekat dengan rekan-rekannya, tetapi ia selalu dipuji oleh para profesor berkat konsentrasi dan keterampilannya ketika melakukan operasi.

Beberapa orang mengira Woo Jin memiliki kecenderungan psikopat, tetapi ia secara pribadi percaya dirinya hanya seorang ahli bedah yang terampil secara alami. Di sisi lain, Woo Jin memandang sinis tentang kebahagiaan karena kesulitannya untuk tumbuh.

Romantic Doctor Kim musim pertama telah tayang pada akhir 2016 menerima respons positif dari pemirsa dengan rating tertinggi saat itu adalah 27,6 persen. Drama ini tayang sebanyak 20 episode dan disutradarai oleh Yoo In Shik dan juga Park Soo Jin yang bekerja sama dengan penulis Kang Eun Kyung.

Romantic Doctor Kim musim kedua akan kembali ditulis oleh Kang Eun Kyung dan juga disutradarai oleh Yoo In Shik. Sementara itu, Romantic Doctor Kim musim kedua ini rencananya dijadwalkan tayang pada awal tahun 2020, yakni pada Januari di SBS.

  • Itaewon Class
Drama Itaewon Class merupakan adaptasi dari webtoon populer berjudul sama yang dipublikasikan di situs Daum. Itaewon Class menceritakan kisah sekelompok anak muda keras kepala dan pemberani yang mencoba bangkit dari dunia yang mereka anggap tidak adil. Dunia tersebut merupakan sebuah lingkungan di daerah Itaewon, Seoul, tempat mereka membuka bisnis makanan.

Park Seo Joon akan memerankan karakter Park Sae Roy, pemuda yang tidak tahan dengan ketidakadilan dan akhirnya mencoba bertindak cepat untuk melawan ketidakadilan tersebut.

Sebenarnya, Park Sae Roy masih menyimpan kemarahan mengenai kematian ayahnya, yakni seorang CEO sebuah perusahaan makanan besar. Saat itu, Sae Roy sedang pergi ke Itaewon untuk mengejar mimpinya.

Sementara, aktris Kim Da Mi akan berperan sebagai Jo Yi Seo, seorang sosiopat yang sangat cerdas. Ia terkenal sebagai bintang media sosial dan blogger, dan memiliki wajah cantik dan diimbangi dengan kepribadian yang baik.

Meskipun Jo Yi Seo dan Park Sae Roy memiliki beberapa hal yang bertentangan, mereka akhirnya bekerja sama di Itaewon.

Naskah Itaewon Class ini ditulis langsung oleh penulis webtoon aslinya, Jo Kwang Jin dan ia bekerja sama dengan sutradara adalah Kim Sung Yoon. Kim Sun Yoon pernah mengarahkan sejumlah drama, di antaranya Moonlight Drawn by Clouds (2016), Discovery of Love (2014) dan Big (2012).

Drama ini juga merupakan drama pertama yang akan diproduksi oleh Showbox, sebuah perusahaan produksi dan distribusi film Korea. Itaewon Class dijadwalkan tayang di JTBC setelah drama Chocolate berakhir, sekitar Februari 2020.

  • Hyena
Hyena adalah drama yang mengisahkan tentang pengacara yang bekerja hanya untuk orang-orang kelas atas, yakni orang-orang dengan tingkat sosial tinggi yang hanya berjumlah 1 persen di Korea Selatan.

Meskipun karakter utamanya adalah pengacara, ini bukan drama hukum seperti biasanya, karena mereka menggunakan hukum hanya sebagai senjata untuk bertahan hidup.

Kim Hye Soo akan memerankan karakter sebagai Jung Geum Ja, yang sebelumnya karakter tersebut ditawarkan kepada Song Hye Kyo. Jung Geum Ja digambarkan sebagai seorang pengacara yang mengejar kesuksesan tanpa peduli bagaimana ia bisa sampai di sana.

Jung Geum Ja tidak bisa merasakan bangku kuliah karena latar belakang keluarganya yang tidak mampu, hingga akhirnya ia lulus ujian pengacara dan sangat ambisius dengan kekuasaan demi masa depan yang lebih baik.

Sementara itu, Joo Ji Hoon akan bermain sebagai pengacara yang sangat sukses bernama Yoon Hee Jae. Yoon Hee Jae sangat percaya diri dengan kemampuannya, dan ia memiliki pemikiran cerdas yang mengelilingi egonya. Hee Jae menggunakan keahliannya untuk mendukung orang-orang penting di Korea, dan ia pandai memainkan hukum untuk memenuhi kebutuhan kliennya.

Sementara, Hyena akan diproduksi oleh salah satu agensi hiburan Korea Selatan, Key East Entertainment dan akan disutradarai oleh Jang Tae Yoo dan dijadwalkan tayang pada Februari 2020.

  • Welcome
Drama adaptasi webtoon ini akan tayang di KBS2 dan dibintangi oleh L INFINITE dan aktris Shin Ye Eun.

Welcome menceritakan kisah tentang seorang gadis bernama Sol Ah (Shin Ye Eun) yang bekerja sebagai desainer grafis di sebuah perusahaan. Sol Ah memiliki mimpi menjadi seorang penulis webtoon, dan ia juga merupakan seorang gadis yang pandai bergaul.

Suatu hari, karena sebuah insiden, Sol Ah membawa pulang seekor kucing yang diberi nama Hong Jo (Kim Myung Soo/L). Sol Ah tidak menyadari bahwa Hong Jo bukanlah seperti kucing kebanyakan. Hong Jo ternyata bisa berubah menjadi manusia.

Tinggal bersama seekor kucing Hong Jo, membuat Sol Ah terlibat dengan sejumlah kasus yang tidak terduga.

Welcome bakal disutradarai Lee Jong Jae yang sebelumnya mengarahkan drama 100 Days My Prince (2018). Ia akan bekerja sama dengan penulis Joo Hwa Mi yang telah menelurkan cerita untuk drama Marriage, Not Dating dan Interverted Boss.

Welcome dijadwalkan tayang pada Maret 2020 mendatang di KBS2. Sebelumnya Welcome sempat akan tayang di saluran TV kabel tvN, tetapi dibatalkan.

  • Good Casting
Good Casting merupakan drama aksi komedi yang menceritakan tentang tiga orang wanita cantik yang bekerja sebagai agen rahasia dan sedang menyamar untuk menyelidiki kasus korupsi di sebuah perusahaan.

Drama ini akan dibintangi oleh Lee Jong Hyuk, Choi Kang Hee, Yoo In Young, Kim Ji Young, Lee Sang Yeob dan Jun U-KISS.

Lee Jong Hyuk akan berperan sebagai Dong Kwan Soo, ketua tim dari anggota National Intelligence Service (NIS). Dong Kwan Soo memiliki kepribadian yang lurus, dan ia adalah salah satu ketua tim terlama di NIS.

Do Kwan Soo akan memimpin sebuah operasi yang ditugaskan kepada ketiga anak buahnya. Ketiga anak buah Do Jwan Soo tersebut akan diperankan oleh Choi Kang Hee, Yoo In Young dan Kim Ji Young.

Lee Sang Yeob akan memerankan karakter Yoon Seok Ho, seorang CEO yang berasal dari keluarga kaya raya dan juga memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Namun, terlepas dari banyak keunggulan yang ia miliki, Yoon Seok Ho tidak begitu familiar dengan hubungan percintaan.

Ketika Yoon Seok Ho bertemu dengan agen rahasia Baek Jang Mi (yang diperankan oleh Choi Kang Hee) yang sangat mirip dengan cinta pertamanya, Baek Chan Mi, Seok Ho menjadi curiga kepada Jang Mi dan mulai menyelidiki perempuan tersebut.

Baek Chan Mi juga dikenal dengan nama palsu Baek Jang Mi. Ia adalah seorang agen operasi hitam (Black Op) yang legendaris, dia sangat terampil tetapi memiliki kepribadian yang mengerikan. Baek Chan Mi juga merupakan mantan pemimpin tim termuda di Black Op yang pernah ada. Ia juga menjadi orang yang paling dihindari para juniornya.

Namun, suatu hari Chan Mi dipindahkan ke dalam tim keamanan cyber NIS setelah ia membuat strategi berlebihan yang menyebabkan kematian seorang bawahan dan mengakibatkan seorang penjahat lolos dari pengejaran.

Chan Mi menggunakan ID "Super Tandoori Chicken” untuk mengunggah rata-rata 250 komentar setiap hari di internet setelah ia bergabung dalam tim cyber. Meskipun ia telah menyerah untuk kembali ke lapangan, akhirnya Baek Chan Mi bisa kembali ke lapangan sebagai agen rahasia.

Good Casting disutradarai oleh Choi Young Hoon, yang pernah mengarahkan sejumlah drama di antaranya adalah Unni is Alive (2017), Second to Last Love (2016), dan High Society (2015). Drama ini dijadwalkan tayang pada paruh perama tahun 2020, yakni sekitar bulan Maret di SBS.

  • Kingdom 2
Kingdom 2 merupakan drama orisinal Netflix dan merupakan sekuel dari drama sebelumnya. Kingdom musim kedua masih akan dibintangi oleh Joo Ji Hoon, Bae Doo Na dan Ryu Seung Ryong.

Kingdom sendiri merupakan drama kolosal yang diadaptasi dari situs web komik berjudul “Burning Hell Shinui Nara” yang ditulis Kim Eun Hee dan ilustrator Yang Kyung Il.

Penulis naskah Kim Eun Hee, menulis cerita Kingdom berdasarkan dokumen pengadilan kerajaan di abad ke 19, di mana tercatat terdapat puluhan ribu kematian di ibu kota akibat wabah epidemi yang tidak dikenal.

Pada musim pertamanya, drama dengan 6 episode tersebut mengisahkan tentang Putra Mahkota dinasti Joseon, Lee Chang (Joo Ji Hoon) yang dituduh melakukan pengkhianatan dalam permainan kekuasaan politik setelah sang raja terjangkit penyakit epidemi mematikan dan berubah menjadi zombi dalam proses pengobatannya.

Sang Putra Mahkota yang curiga atas kesehatan ayahnya yang ditutupi Ratu (Kim Hye Jun) dan menteri kerajaan Jo Hak Jo (Ryu Seung Ryeong), akhirnya mencoba pergi ke pinggiran negeri untuk mencari dokter terkenal yang memegang kunci misteri penyakit Raja dan berusaha menghilangkan tuduhan pengkhianatan terhadapnya, dan ia didampingi pengawal pribadinya Moo Young (Kim Sang Ho).

Di sana, Lee Chang dihadapkan dengan korban epidemi yang telah berubah menjadi zombi. Selama perjalanan tersebut, ia harus menghadapi maut dengan dikejar-kejar zombi dan juga pengawal kerajaan yang mencoba menangkapnya.

Dalam pencariannya tersebut, Lee Chang juga dibantu oleh seorang tabib bernama Seo Bi (Bae Doo Na) sebagai orang yang pertama kali bertemu dengan para zombie di klinik tempat ia bekerja bersama Young Shin (Kim Sung Kyu).

Sementara itu, pada Kingdom musim kedua, sepertinya sang Putra Mahkota akan melanjutkan perjalananannya untuk menemukan rahasia di balik insiden mengerikan yang menyerang negerinya tersebut.

Adapun, Kingdom musim kedua dijadwalkan tayang pada Maret 2020 mendatang di platform streaming berbayar Netflix.

  • Rugal
Rugal merupakan drama adaptasi webtoon berjudul sama. Rugal meceritakan tentang usaha yang dilakukan oleh seorang detektif polisi elite, Kang Ki Beom (Choi Jin Hyuk) yang berusaha menjatuhkan dan membongkar sebuah organisasi kriminal bernama Argos.

Dalam proses tersebut, kang Ki Beom justru kehilangan istrinya dan juga kedua matanya. Polisi tersebut juga dijebak atas kasus pembunuhan. Akan tetapi, dengan bantuan dari sebuah organisasi bernama Rugal, Ki Beom akhirnya menerima donor mata buatan, kemudian Rugal dan Ki Beom bekerja sama untuk menjatuhkan Argos sekali lagi.

Karakter lainnya adalah Park Sun Ho yang akan berperan sebagai Lee Kwang Chul, seorang perwira polisi muda yang diserang oleh kelompok Argos, akan tetapi ia diselamatkan oleh pimpinan Rugal, Tae Woong (Jo Dong Hyuk).

Karena ketampanan dan selera humornya, Lee Kwang Chul akhirnya direkrut ke dalam tim Rugal sebagai penyemangat tim. Sementara, itu Rugal dijadwalkan tayang pada paruh pertama tahun 2020 di OCN.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight