Drakor Kolosal di Netflix yang Bisa Ditonton Saat Karantina Mandiri

Oleh: Maria Ulfa - 6 April 2020
Dibaca Normal 3 menit
Kingdom, My Country, hingga Arthdal Chronicles ialah beberapa drakor kolosal di Netflix yang direkomendasikan untuk ditonton saat "di rumah aja".
tirto.id - Menonton drama Korea (drakor) bisa jadi salah satu opsi untuk mengusir rasa bosan saat harus "di rumah aja" untuk melakukan physical distancing atau pun karantina mandiri karena kondisi kesehatan yang kurang baik di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19 saat ini.

Netflix adalah salah satu penyedia layanan video yang banyak menawarkan serial drama Korea dengan cerita menarik. Tak hanya drakor dengan genre romantis, Netflix juga menyediakan sederet drama bergenre kolosal atau saeguk (sejarah).

Berikut ini adalah sejumlah rekomendasi drama kolosal di Netflix yang bisa Anda tonton saat melakukan karantina mandiri di rumah.

Kingdom

Kingdom adalah drama orisinal Netflix dan kini telah memasuki musim kedua. Pada musim pertamanya, drama dengan 6 episode ini mengisahkan tentang Putra Mahkota dinasti Joseon, Lee Chang (Joo Ji Hoon) yang dituduh melakukan pengkhianatan.

Sementara, sang Raja saat ini terjangkit penyakit epidemi mematikan dan berubah menjadi zombi dalam proses pengobatannya.

Sang Putra Mahkota curiga atas kesehatan ayahnya yang ditutup-tutupi oleh Ratu (Kim Hye Jun) dan menteri kerajaan Jo Hak Jo (Ryu Seung Ryeong).

Akhirnya, Lee Chang mencoba pergi ke pinggiran negeri untuk mencari dokter terkenal yang memegang kunci misteri penyakit Raja dan berusaha menghilangkan tuduhan pengkhianatan terhadapnya.

Dalam perjalanannya tersebut, Lee Chang didampingi oleh pengawal pribadinya Moo Young (Kim Sang Ho). Di sana, Lee Chang dihadapkan dengan korban epidemi yang telah berubah menjadi zombi.

Selama perjalanan tersebut, ia harus menghadapi maut dengan dikejar-kejar zombi dan juga pengawal kerajaan yang mencoba menangkapnya.

Dalam pencariannya tersebut, Lee Chang juga dibantu oleh seorang tabib bernama Seo Bi (Bae Doo Na) sebagai orang yang pertama kali bertemu dengan para zombi di klinik tempat ia bekerja, dan juga Young Shin (Kim Sung Kyu).

Sementara itu, pada Kingdom musim kedua, sang Putra Mahkota akan melanjutkan perjalananannya untuk menemukan rahasia di balik insiden mengerikan yang menyerang negerinya tersebut.


Rookie Historian Goo Hae Ryung

Rookie Historian Goo Hae Ryung merupakan drama kolosal yang terjadi pada dinasti Joseon, yakni pada abad ke-19, dan akan menceritakan kisah tentang perempuan yang menulis jurnal catatan sejarah kerajaan.

Drama ini berkisah tentang bagaimana Goo Hae Ryung (Shin Se Kyung) melawan prasangka berdasarkan gender dan status sosial demi menunjukkan nilai perubahan dalam masyarakat.

Goo Hae Ryung adalah seorang sejarawan perempuan yang berani, cerdas, tetapi juga bermasalah. Ia memiliki ambisi untuk menantang dan membalikkan nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakat.

Sementara, pangeran Lee Rim (Cha Eun Woo) adalah sosok yang kesepian. Meskipun ia adalah salah satu Putra Raja Joseon dan seorang novelis roman populer, sang pangeran hidup terisolasi dari dunia.


My Country

Drama ini memiliki setting waktu pada akhir periode kerajaan Goryeo menuju ke periode awal kerajaan Joseon. My Country menceritakan tentang dua sahabat yang saling menodongkan pedang satu sama lain karena sebuah kesalahpahaman.

Seo Hwi (Yang Se Jong) adalah seorang pejuang. Ayah Seo Hwi, Seo Geom merupakan komandan militer terkenal. Seo Hwi sendiri hidup dengan tidak berkompromi dalam hal ketidakadilan.

Akan tetapi, karena sebuah insiden, hidup Seo Hwi berubah menjadi neraka, tetapi ia masih berusaha tersenyum.

Sementara, Nam Sun Ho (Woo Do Hwan) adalah sosok yang cerdas dan berbakat. Karena ibunya dilahirkan dari keluarga kelas terendah, Nam Sun Ho juga dipandang rendah oleh orang lain. Nam Sun Ho ingin lulus ujian petugas militer.

Namun, suatu hari, Sun Ho justru terlibat konflik dengan sahabatnya, Seo Hwi karena sebuah kesalahpahaman.


Arthdal Chronicles

Drama fantasi yang mengambil latar waktu pada masa sejarah kuno ini menceritakan tentang legenda dan perjuangan para pahlawan di tanah Arthdal.

Eun Som (Song Joong Ki) lahir dengan takdir untuk membawa bencana ke tanah Arthdal. Eun Som adalah seorang pemuda dengan darah campuran manusia dan Suku Neanthal.

Eun Som dibawa ke Arthdal bersama suku Wahan yang sebelumnya hidup bersama dengannya. Selain itu, Eun Som juga memiliki takdir misterius yang masih tersembunyi.

Sementara, Tagon (Jang Dong Gun) adalah orang paling kuat sekaligus pahlawan perang Arthdal. Ia telah membuka jalan bagi wilayah itu untuk menjadi negara kota yang makmur. Tagon berambisi menjadi raja pertama Arthdal.

Karakter lainnya adalah Tanya (Kim Ji Won) yang lahir dengan nasib serupa dengan Eun Som. Ia adalah penerus Suku Wahan yang akhirnya menemukan misinya setelah mampu melewati berbagai kesulitan. Tanya hidup di bawah kehormatan tertinggi dan berkeinginan menjadi politisi.

Kemudian Taealha (Kim Ok Bin), seorang calon politikus yang mendambakan kekuasaan. Ia adalah putri kepala Suku Hae yang menyebarkan teknik pengecoran tembaga dari Barat. Taealha memiliki hubungan spesial dengan Ta Gon.


Moon Embarcing The Sun

Drama kolosal ini menceritakan tentang pangeran kerajaan Joseon, Lee Hwon (Yeo Jin Goo) dan putri dari petinggi kerajaan, Heo Yeon Woo (Kim Yoo Jung) yang bertemu saat mereka masih remaja. Pangeran jatuh cinta kepada Yeon Woo dan keduanya pun menikah atas izin kerajaan.

Namun, tak beberapa lama kemudian, Yeon Woo dinyatakan meninggal dunia karena wabah penyakit. Karena hal itu, Pangeran akhirnya menikah lagi dengan perempuan lain, yakni Yoon Bo Kyung (Kim So Hyun).

Waktu berlalu, dan Pangeran (Kim Soo Hyun) telah tumbuh dewasa dan menjadi seorang Raja. Namun ia masih belum bisa melupakan Yeon Woo. Bahkan, Pangeran sama sekali tidak memperlihatkan perasaan cintanya kepada istrnya, Ratu Bo Kyung.

Suatu hari, muncul seorang gadis bernama Wol (Han Ga In), dan ia adalah seorang dukun yang dibesarkan oleh Jang Nok Young (Jeon Mi Sun).

Wol akhirnya bekerja di istana sebagai jimat untuk menyembuhkan penyakit yang diderita Raja. Saat melihat Wol, Raja merasa bahwa ia mirip dengan mendiang istrinya, Yeon Woo.



Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Ibnu Azis
DarkLight