tirto.id - ITO EN, Ltd., produsen minuman teh hijau tanpa pemanis "Oi Ocha" yang mendirikan joint venture, PT ITO EN Ultrajaya Wholesale bersama PT Ultra Mitrajaya Industry & Trading company di Indonesia, mengumumkan kesepakatan berskala global dengan atlet bisbol asal Jepang Shohei Ohtani, yang bermain di Los Angeles Dodgers, Amerika Serikat.
ITO EN menyatakan kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai teh (tea value) Asia khususnya Jepang, dalam kehidupan dan budaya sehari-hari, termasuk di Indonesia.
"Shohei Ohtani merupakan salah satu inspirasi atlet Asia dalam kancah global dan kami berterima kasih bahwa Oi Ocha menjadi bagian dari energi dalam perjalanan Ohtani. Perjalanan Shohei Ohtani merupakan bentuk perjuangan untuk menjadi individu yang menyentuh secara global, seperti halnya kami, ITO EN, yang memiliki tujuan sama yaitu menjadi perusahaan teh global," kata Daisuke Honjo, Presiden dan Direktur Utama, ITO EN, Ltd di Shibuya, Tokyo.
Pernyataan senada disampaikan oleh Shohei Ohtani. "Saya sangat senang untuk mengumumkan bahwa saya telah bergabung bersama kemitraan global 'Oi Ocha' Ito En. Sejak saya berada di Jepang, saya telah menjadi penggemar besar 'Oi Ocha,' dan minuman ini tetap menjadi sahabat penting bagi saya bahkan di Amerika. Saya sangat gembira mendengar bahwa kecintaan saya serta konsumsi rutin saya terhadap 'Oi Ocha' sejalan dengan Ito En, yang mengarah pada kesempatan ini. Sebagai penggemar setia 'Oi Ocha,' saya sangat bersemangat dapat diberikan peluang untuk membagikan pesonanya kepada orang-orang di seluruh dunia," Shohei Ohtani menyampaikan.
Pihak ITO EN Ultrajaya Wholesale di Indonesia turut menyambut gembira kesepakatan global antara ITO EN yang merupakan mitranya dengan atlet Shohei Ohtani. Hal ini besar maknanya bagi peningkatan popularitas teh tanpa pemanis di kalangan konsumen global, termasuk Indonesia.
Sebagai mitra distribusi ITO EN di Indonesia, ITO EN Ultrajaya Wholesale menyatakan terus memegang kepercayaan yang telah diberikan, serta turut mendorong agar nilai teh tanpa pemanis semakin meningkat dan menjadi budaya sehari-hari.
ITO EN Ultrajaya Wholesale juga menyampaikan bahwa budaya minum teh tanpa pemanis menjadi penting mengingat Indonesia saat ini merupakan negara ASEAN dengan penderita diabetes tipe 1 terbanyak, yaitu mencapai 41,8 ribu orang pada tahun 2022.
Hal ini mendorong ITO EN Ultrajaya Wholesale menyediakan produk teh yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat, seperti Oi Ocha, agar dapat menjadi pilihan baik bagi masyarakat Indonesia.
Sejak tahun 2013, ITO EN dan PT Ultrajaya Tbk. melalui PT ITO EN Ultrajaya Wholesale, bertujuan memperluas penetrasi pasar minuman teh berkualitas tinggi di Indonesia serta meningkatkan kesadaran akan manfaat dan kelezatan teh Jepang yang autentik.
Produk ITO EN, termasuk Oi Ocha, tersedia di toko offline dan online, di antaranya Ranch Market, Superindo, Lawson, Mu Gung Hwa serta Tokopedia, Blibli dan sebagainya.
Sejak tahun 1989, ITO EN tercatat berhasil menjual 45 miliar botol teh Oi Cha. Di pasar internasional, penjualan "Oi Ocha" telah menjangkau Amerika Utara, Asia Tenggara, dan wilayah lainnya. Per Maret 2024, produk Oi Ocha telah dijual di lebih dari 40 negara dan wilayah.