STOP PRESS! Ombudsman Gelar Dengar Pendapat Proyek Meikarta Hari Ini

Dishub DKI Tambahkan 563 Bus Angkutan Mudik Lebaran 2017

Dishub DKI Tambahkan 563 Bus Angkutan Mudik Lebaran 2017
Sejumlah pemudik menunggu bus di terminal bayangan Jalan Raya Jakarta Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (19/6). ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya.
Reporter: Maya Saputri
20 Juni, 2017 dibaca normal 1 menit
Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan 563 unit bus yang akan dimanfaatkan sebagai angkutan tambahan mudik Lebaran tahun ini.
tirto.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan ratusan unit bus yang akan dimanfaatkan sebagai angkutan tambahan mudik Lebaran tahun ini.

"Selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, kami menyiapkan sebanyak 563 unit bus tambahan," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah di Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Menurut dia, dari total keseluruhan 563 unit bus tersebut, sebanyak 250 unit di antaranya merupakan jenis bus kota dan 313 unit bus pariwisata.

Selain bus-bus angkutan tambahan Lebaran tersebut, dia menuturkan Dishub juga menyiapkan sebanyak 3.111 unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

"Kalau dijumlahkan semuanya, ada sebanyak 3.674 unit bus yang kami siapkan untuk melayani para pemudik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri tahun ini," tutur Andri, seperti diberitakan Antara.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan secara keseluruhan, jumlah angkutan Lebaran yang disiapkan pada tahun ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tahun ini, angkutan Lebaran yang kami siapkan jumlahnya lebih banyak dari pada Lebaran tahun kemarin karena tren jumlah penumpang setiap tahun terus meningkat," ungkapnya.

Sementara itu, Pemerintah juga berharap kemacetan parah di jalur Pantura (Brexit/Gerbang Tol Brebes) seperti yang terjadi tahun lalu tidak kembali terulang dengan menyiapkan jalur mudik khususnya untuk tujuan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Pada dasarnya kami akan mengantisipasi dari awal, karena Presiden [Jokowi] menginginkan persiapan kali ini harus lebih baik. Kami pun mengidentifikasi beberapa titik yang ada kemacetan, masalah atau sesuatu yang mesti ditangani secara serius. Seperti di Brexit, Bandara Soekarno-Hatta (Cengkareng), Pelabuhan Merak (Banten), dan Stasiun Senen (Jakarta),” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (3/4/2017).

Senada dengan Budi Karya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga menyatakan kesiapan pemerintah dalam menghadapi arus mudik dan arus balik dalam Lebaran tahun ini.

“Presiden menekankan, pertama berkaitan dengan kesiapan transportasi. Karena setelah dibangunnya beberapa ruas jalan tol, jangan sampai Brexit yang tahun lalu terjadi kembali. Sehingga persiapan dari awal harus lebih matang,” kata Pramono seusai rapat terbatas di Istana Kepresidenan.



Dishub DKI Tambahkan 563 Bus Angkutan Mudik Lebaran 2017

Baca juga artikel terkait ARUS MUDIK atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - may/may)

Keyword