Dinas Pemuda dan Olahraga Usulkan Kenaikan Bonus Atlet Asian Games

Oleh: Hendra Friana - 4 September 2018
"Kami masih mengusulkan jumlahnya. Enggak jauh berbeda seperti di Keputusan Gubernur yang tahun 2017, kenaikan bonusnya."
tirto.id -
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Ratiyono, mengatakan bahwa instansinya bakal mengusulkan kenaikan bonus bagi atlet Asian Games dalam pembahasan APBD Perubahan.

Usulan itu rencananya akan dibahas dalam rapat komisi E yang berlangsung hari ini. Jika disetujui, kata dia, nantinya pembahasan tersebut akan dibawa dan disahkan dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD.

"Kami masih mengusulkan jumlahnya. Enggak jauh berbeda seperti di Keputusan Gubernur yang tahun 2017, kenaikan bonusnya," kata Ratiyono saat dihubungi Tirto, Selasa (4/9/2018).

Jika mengacu pada Kepgub sebelumnya, atlet yang berlaga di Asian Games dan mendapat medali emas akan diberi bonus oleh pemerintah provinsi sebesar Rp300 juta. Sementara atlet peraih medali perak Rp150 juta, dan perunggu Rp90 juta.

Di luar itu, para atlet yang tidak meraih medali juga tetap akan menerima bonus masing-masing Rp7,5 juta.

"Nah kalau sekarang berapa naiknya, sekarang kami bahas dulu, ya. Nanti kalau saya bilang terus tidak disetujui dewan, kan, repot," imbuh Ratiyono.

Menurut Rationo, kenaikan bonus perlu dilakukan sebagai bentuk apresiasi serta agar para atlet lebih DKI lebih termotivasi. Selain itu, ia juga berharap hadiah tambahan dari Pemprov DKI dapat dimanfaatkan oleh atlet untuk meningkatkan gairah mereka untuk menghadapi laga berikutnya.

"Misalnya bisa untuk membeli peralatan pendukung supaya performanya lebih bagus," ucap Ratiyono.

Jika tak ada aral melintang, kata dia bonus tersebut diperkirakan cair pada Oktober 2018, setelah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2018 disetujui oleh DPRD.


Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Yulaika Ramadhani