Didier Deschamps Samai Rekor Franz Beckenbauer dan Mario Zagallo

Oleh: Gilang Ramadhan - 16 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kemenangan Perancis di final Piala Dunia 2018 kontra Kroasia membuat pelatihnya, Didier Deschamps menyamai rekor Franz Beckenbauer dan Mario Zagallo.
tirto.id - Pelatih tim nasional (timnas) Perancis, Didier Deschamps menyamai rekor Franz Beckenbauer dan Mario Zagallo sebagai pemenang Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Didier Deschamps berhasil mengantarkan Perancis memenangkan Piala Dunia 2018 usai kalahkan Kroasia 4-2 di Stadion Luzhniki, Moskow (15/7/2018).

Sebagai seorang pemain, Deschamps meraih gelar Piala Dunia bersama Perancis pada 1998. DI final tahun itu, Perancis berhasil mengalahkan Brasil dengan skor telak 3-0. Dua gol sundulan Zinedine Zidane dan gol menit akhir Emannuel Petit cukup untuk Les Blues meraih gelar juara dunia pertamanya.

Sebelumnya, hanya ada dua nama di dunia ini yang pernah meraih gelar Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.



Yang pertama, Mario Zagallo, legenda asal Brasil itu meraih dua kali Piala Dunia sebagai pemain pada tahun 1958 dan 1962. Serta sebagai pelatih pada Piala Dunia 1970 Chile. Zagallo juga meraih medali Piala Dunia 1994 bersama Brasil sebagai asisten pelatih dari Alberto Perreira. Namun, pada 1998 ketika kembali melatih Brasil, Zagallo harus mengakui keunggulan Perancis yang dikapteni oleh Deschamps.

Yang kedua, Der Kaiser Franz Beckenbauer. Pemain yang berposisi sebagai Libero itu meraih gelar Piala Dunia pertamanya saat masih aktif bermain di timnas Jerman Barat, yaitu pada Piala Dunia 1974 di Jerman Barat. Beckenbauer kemudian menjadi pelatih Jerman Barat menggantikan Jupp Derwall ada 1984.

Ia kemudian mampu membawa Jerman Barat ke final Piala Dunia 1986, kendati kalah 2-3 lawan Argentina yang masih diperkuat Diego Maradona. Namun, Beckenbauer membalasnya empat tahun kemudian di Italia 1990. Kembali bertemu dengan Argentina di final, anak asuh Der Kaiser mampu meraih kemenangan dengan skor 1-0, gol semata wayang dicetak Andreas Brehme lewat titik putih.

Kini, Didier Deschamps menjajarkan diri dengan dua legenda di atas. Pelatih yang pernah membela Juventus (1994-1999) itu kembali membawa pulang Piala Dunia sebagai seorang pelatih. Di bawah asuhannya, Perancis di Piala Dunia 2018 belum menelan kekalahan dari 7 pertandingan (Menang 6 Imbang 1).

Sejak menangani timnas Perancis pada 2012, Deschamps sudah melakoni 83 (termasuk laga final Piala Dunia 2018) laga dengan rasio kemenangan 63.86%. Ia meraih 53 kemenangan, 15 hasil imbang dan 15 kekalahan.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight