Demonstrasi May Day Pekerja PT Freeport Berjalan Kondusif

Oleh: Yuliana Ratnasari - 2 Mei 2017
Dari laporan yang diterima, situasi Timika tetap kondusif dan aktivitas masyarakat berlangsung normal.
tirto.id - Aksi unjuk rasa dalam rangka Hari Buruh yang digelar pekerja PT Freeport di Timika sampai Senin (1/5/2017) berlangsung kondusif, demikian dipaparkan Kepala Polda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Boy Amar.

Demonstrasi hari itu dimulai pukul 9.15 WIT diawali doa bersama dan dilanjutkan konvoi keliling kota.

"Sekitar 5.000-6.000 orang ikut gabung dalam aksi yang dilakukan karyawan PT Freeport," kata Amar kepada wartawan di Jayapura.

Dikatakan, walaupun aksi demo berlangsung aman namun anggota kepolisian terus melakukan negoisasi guna menghindari adanya kelompok yang tidak bertanggung jawab yang menyusup dan memprovokasi aksi tersebut.

"Namun dari laporan yang diterima situasi Timika tetap kondusif dan aktivitas masyarakat berlangsung normal," kata Irjen Pol Boy Amar seraya menambahkan, anggota yang disiagakan mengamankan aksi tersebut sebanyak 1.200 personel.

Banyaknya personel yang mengamankan karena sudah termasuk yang tergabung dalam satuan tugas Amole serta anggota TNI dan Brimob bantuan dari Mabes Polri, demikian Amar menjelaskan sebagaimana dikutip dari Antara.

Satgas Amole merupakan pasukan yang bertugas menjaga keamanan objek vital nasional dan kawasan operasional PT Freeport termasuk dalam objek vital nasional.

Baca juga artikel terkait HARI BURUH atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari