Dembele Resmi Jadi Pemain Termahal Barca Usai Teken Kontrak

Oleh: Yuliana Ratnasari - 29 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Sekitar 17.814 pendukung berkumpul di Camp Nou kemarin untuk menyaksikan pemain baru Barcelona, Ousmane Dembele yang diwarisi kostum nomor 11 Neymar.
tirto.id - Ousmane Dembele telah menandatangani kontrak lima tahun dengan Barcelona pada Senin (28/8/2017) waktu setempat. Eks pemain Borussia Dortmund itu kini resmi menjadi pemain paling mahal sepanjang sejarah Barcelona.

Sekitar 17.814 pendukung berkumpul di Camp Nou kemarin untuk menyaksikan sang pemain baru yang diwarisi kostum nomor 11 Neymar. Dembele tiba di Barca untuk mengisi posisi lowong yang ditinggalkan Neymar ke Paris Saint-Germain.

Jumat pekan lalu Barca sudah mengumumkan telah bersepakat dengan Borussia Dortmund untuk mendatangkan pemain Timnas Perancis itu dengan bayaran awal 105 juta euro yang bisa naik menjadi 145 juta euro oleh berbagai tambahan. Total nilai itu hampir dua kali lipat dari rekor transfer Barca sebelumnya 80 juta euro yang diberikan kepada Liverpool untuk Luis Suarez pada 2014.

Dembele sudah lama diincar Barcelona. Barca sudah mengincarnya musim panas lalu ketika meninggalkan Rennes hanya dalam banderol 15 juta euro. Dia lebih memilih Dortmund karena merasa lebih banyak peluang dimainkan sebagai starter atau pemula, demikian diwartakan Antara.

Barca lalu melanjutkan perburuan musim panas ini dan makin bernafsu memburu pemain itu setelah Neymar hengkang.

Setelah tawaran 100 juta euro ditolak Dortmund, Dembele tak mau berlatih dengan Dortmund yang kemudian dikenai sanksi untuk kemudian meratakan jalan untuk tercapainya kesepakatan antara kedua klub pekan lalu.

Dembele (20) tiba di Barcelona, Minggu (27/8/2017), dan sehari setelah itu menjalani tes kesehatan sampai akhirnya menandatangani kontrak bersama dengan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu hampir dua jam kemudian.

"Saya benar-benar bahagia kini telah menjadi bagian klub terbaik di dunia dengan para pemain terbaik di dunia. Saya harap memenangkan banyak trofi dan gelar di sini. Saya mengharapkan tahun yang baik nan sukses dan menantikan bermain di stadion ini," kata dia sewaktu dikenalkan kepada penggemar Barca di Stadion Nou Camp.

Dia menolak dibandingkan dengan Neymar kendati alasan Barca merekrut dia adalah mengisi tempat lowong yang ditinggalkan pemain Brasil itu ke Paris Saint Germain.

"Ada perbedaan besar antara Neymar dan saya. Saya baru menjadi profesional dua tahun ini. Neymar adalah salah satu yang terbaik di dunia. Saya masih muda dan saya berusaha berkembang setiap hari."

"Saya tidak datang sebagai pengganti Neymar. Barca bilang pada saya untuk mengisi sebuah posisi, dan saya telah datang memberikan semua yang saya bisa untuk posisi itu."

Dembele menjadi rekrutan kelima Barca musim panas ini setelah Marlon Santos, Gerard Deulofeu, Nelson Semedo dan Paulinho.

Namun pelatih Barcelona Ernesto Valverde menyatakan Dembele bukan terakhir yang direkrut Barcelona, bahkan direktur olah raga Robert Fernandez menginginkan dua lagi pemain baru hadir pekan ini. Salah satu yang diincar Barca adalah pemain Liverpool Philippe Coutinho, demikian laman ESPN.

Baca juga artikel terkait TRANSFER PEMAIN BOLA atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight