Debat Capres Perdana, KPU: Lokasi Nobar Pendukung akan Dipisah

Oleh: Bayu Septianto - 14 Januari 2019
KPU akan menyediakan layar berukuran besar untuk mengakomodir pendukung capres yang nobar debat perdana capres di luar Hotel Bidakara.
tirto.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memisah lokasi nonton bareng debat perdana Presiden (Pilpres) 2019 luar Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

KPU juga akan menyediakan layar berukuran besar di area luar Hotel Bidakara, layar berukuran besar ini untuk mengakomodir para pendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden yang tak memiliki akses untuk menonton debat di dalam area panggung debat.

"Layar lebar di area Hotel Bidakara juga. Dipisah nanti ada mekanisme bahwa masing-masing pendukung nonton bareng dipisah, untuk menghindari hal-hal tak diinginkan," ujar Komisioner KPU, Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Wahyu menambahkan, dalam area debat hanya tersedia 500 kursi. 500 kursi itu terdiri dari 300 tamu yang diundang KPU dan sisanya yakni 200 kursi disediakan untuk pendukung dua pasangan calon, masing-masing 100 kursi.

KPU sendiri akan mengundang para tokoh bangsa, petinggi negara, juga para mantan presiden dan wakil presiden.

"KPU berharap beliau-beliau sehat sehingga bisa hadiri undangan KPU," jelas Wahyu.

Wahyu memastikan tingkat keamanan perhelatan debat sudah terjamin pihak penegak hukum. KPU disebutnya terus berkordinasi dengan kepolisian untuk mencegah terjadinya hal tidak diinginkan selama acara debat berlangsung.

"TNI, Polri, Paspampres kami koordinasi, personel cukup banyak, tapi jumlah saya tak begitu paham," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Nur Hidayah Perwitasari